Berita

Ajak Demo ke Balaikota, Liat Ratusan Polisi, Nyali Ciut, Batal

Diterbitkan

-

Petugas kepolisian berjaga di lokasi menunggu pengunjuk rasa yang tak pernah datang. (gie)
Petugas kepolisian berjaga di lokasi menunggu pengunjuk rasa yang tak pernah datang. (gie)

Memontum Kota Malang – Ratusan Petugas Polresta Malang Kota dan Brimob disiagakan di depan Gedung DPRD Kota Malang, Sabtu (16/5/2020) pukul 08.00. Pasalnya telah beredar ajakan demo menolak PSBB yang sudah tersebar melalui pesan WhatsApp. Ajakan demo itu mulai tersebar pada Jumat (15/5/2020) malam di grup-grup WhatsAPP.

Adapun isi ajakan itu, “Mengundang kaum muda dan segenap warga masyarakat Malang Raya suntuk melakukan aksi damai “Tolak PSBB Malang Raya” . Seruan Aksi Bersatu Menolak PSBB Malang Raya. Seruan Aksi Bersatu Menolak PSBB Malang Raya Sabtu, tanggal 16 Mei, Pukul 09.00 WIB, Titik kumpul Di depan SMA 3 Kota Malang-DPRD Kota Malang-Pemkot Malang.

HP dan WA, Sena Kogam tidak aktif. (gie)

HP dan WA, Sena Kogam tidak aktif. (gie)

“PSBB hanyalah siasat Pemda Malang Raya dan Pemprov Jatim untuk menghindar dari tanggungjawab melawan covid, dengan melimpahkan beban tanggungjawab ke publik untuk berhenti total melakukan kegiatan di luar rumah. Sementara mereka tidak mau menanggung konsekwensinya. Kami menuntut Pemda se Malang Raya dan Pemprov Jatim agar mencabut, membatalkan seluruh aturan daerah yang mendasari pelaksanaan PSBB,” salah satu inti dari pesan WhatsAPP tersebut.

Tertanda Korlap Sena Kogam.
Dengan munculnya pesan berantai di WhatsApp tersebut, petugas Polresta Malang Kota melakukan penjagaan dengan ketat di depan gedung Dewan. Namun hingga pukul 11.00, para pendemo tidak pernah muncul di depan Balaikota Malang-DPRD Kota Malang.

Kabag Ops Kompol Suyoto SH mengatakan bahwa surat pemberitahuan unjuk rasa ini, juga sudah tidak sesuai mekanisme. “Sesuai aturan pemberitahuan unjuk rasa minimal pemberitahuannya 3 x 24 jam. Pemberitahuan ini baru dikirim malam tadi. Itupun hanya melalui pesan Whatsapp. Saat ini situasi juga masih Physical Distancing,” ujar Kabag Ops Kompol Suyoto.

Advertisement

BACA : Beredar Ajakan Aksi Damai Tolak PSBB di Balai Kota Malang, Pagi Ini

Petugas yang melakukan penjagaan terdiri 2 Satuan Setingkat Kompi (SSK) Polresta Malang Kota. “Ada 200 anggota polisi, 1 SSK Brimob, 1 SSK TNI, 1 SSK Dishub dan 1 SSK Satpol PP yang disiagakan.
Belum diketahui persis kenapa agenda unjuk rasa ini batal.

Pengunjuk rasa sendiri tidak hadir mengkipun sudah menyebarkan ajakan melalui pesan di grup-gruo WhatsApp. Saat Memontum.com menghubungi Korlap aksi Sena Kogam, yang tertera diajakan itu, belum ada konfirmasi jelas kenapa tidak jadi unjuk rasa. (gie/yan)

 

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas