Kota Malang

Sasar Toko Kelontong, Alfamart Gelar Pelatihan Manajemen Retail Modern

Diterbitkan

-

SASAR: Pelatihan oleh Alfamart di Kelurahan Balearjosari. (memontum.com/rsy)

Memontum Kota Malang – PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart), memberikan pelatihan manajemen retail modern untuk toko kelontong yang ada di Kelurahan Balearjosari, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Sabtu (08/06/2024) tadi.

Corporate Communications (Corcom) Alfamart Regional Manager, Muhammad Faruq Asrori, menyampaikan bahwa pelatihan itu diberikan untuk meningkatkan kompetensi para pedagang dalam mengelola toko kelontong. Sehingga diharapkan lebih efisien dan menarik bagi konsumen.

“Kami sudah beberapa kali menggelar pelatihan di Kota Malang ini. Dengan pelatihan ini kami berharap dapat sesuai dengan visi yang kita sampaikan. Tumbuh dan berkembang bersama dengan pelaku usaha kecil,” ujar Faruq-sapaannya.

Dalam pelatihan tersebut, ujarnya, dibagi menjadi dua materi utama. Pertama, mengenai manajemen keuangan toko kelontong. Itu dinilai sangat penting, karena dengan adanya manejemen keuangan yang baik nantinya dapat memastikan keberlangsungan bisnis.

Advertisement

“Misalnya, pemilik toko sering memberikan barang secara cuma-cuma kepada tamu atau keluarga. Hal ini mengakibatkan uang modal habis saat hendak membeli stok baru. Sedangkan di toko modern, setiap pembelian, sekecil apapun, harus dibayar,” katanya.

Kemudian, lanjutnya, yang kedua mengenai pelayanan konsumen. Dengan pelayanan yang ramah dan menarik itu dinilai juga sangat penting untuk menjaga loyalitas konsumen.

“Apabila penjual ramah dan menarik, maka konsumen pasti akan kembali. Sebaliknya, pelayanan yang kurang baik akan membuat konsumen enggan berbelanja lagi,” tambahnya.

Baca juga :

Advertisement

Selain itu, para peserta juga diberikan pelatihan tentang cara mendisplay barang agar lebih menarik. Tentu dengan penempatan produk yang tepat dapat meningkatkan penjualan. Lalu, Faruq juga memperkenalkan mengenai platform bisnis online melalui Alfamind.

“Alfamind itu bisnis online yang memungkinkan pedagang menjual berbagai produk. Tidak hanya dari Alfamart, tetapi juga elektronik, mebel, dan lainnya. Dengan jadi member alfamind, kita bisa selayaknya punya toko alfamart. Sistem toko virtual dengan etalase yang menarik, cocok dengan era digital saat ini,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Lurah Balearjosari, Hariono, berharap melalui pelatihan yang diberikan oleh Alfamart tersebut dapat terus bersinergi dan dapat merubah mindset para pelaku toko kelontong untuk bisa lebih modern. “Jadi harapannya dengan adanya alfamart juga bisa menunjang perekonomian terkhusus bagi pelaku UMKM dan toko kelontong ini bahwa usaha mereka semakin maju. Dengan semakin majunya usaha merekakan otomatis juga menunjang mengangkat perekonomian di wilayah Kelurahan Balearjosasi,” kata Hariono.

Senada dengan itu, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Balearjosari, Mustofa, menyampaikan jika pelatihan yang diberikan oleh Alfamart tersebut diikuti oleh 50 peserta dari perwakilan tiap RW di Kelurahan Balearjosari, yang sudah mempunyai toko kelontong.

“Kegiatan ini bersinergi dengan program kerja kami di LPMK terkait dengan pembinaan UMKM, toko kelontong di Balearjosari. Masuknya Alfamart di Balearjosari juga menjadi sinergitas kita bersama untuk membantu perekonomian masyarakat,” ucap Mustofa.

Advertisement

Mustofa berharap, dengan adanya Alfamart yang berada di Kelurahan Balearjosari, nantinya dapat menjadi sentra ekonomi UMKM. Termasuk juga menjadi sentra pujasera di wilayah RW 02 Kelurahan Balearjosari.

“Hadirnya Alfamart ini menjadi mitra kami untuk membina UMKM dan usaha kecil serta toko kelontong di Balearjosari. Kehadiran Alfamart juga menunjang peningkatan ekonomi di masyarakat,” imbuhnya. (rsy/sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas