Pemerintahan

Evaluasi Kinerja OPD dan Kelompok Masyarakat, Pemkot Malang Tebar Empat Penghargaan

Diterbitkan

-

Berharap reward yang diberikan mampu diimplementasikan dalam keseharian masyarakat Kota Malang

Memontum Malang Kota – Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), memberikan penghargaan dalam acara ‘Pemkot Malang Awarding Day 2020’.
Penghargaan tersebut diberikan, kepada sejumlah Organisasi Perangkat Daerah dan kelompok masyarakat, yang diumumkan secara daring dari NCC (Ngalam Command Center), Senin (14/12).
Plt Kepala Diskominfo, Erik Setyo Santoso, mengatakan bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai monitoring, evaluasi serta apresiasi atas kinerja pelayanan dan keterbukaan informasi publik. “Ini juga sebagai bentuk motivasi bagi semua OPD, BUMD, kelurahan, puskesmas, RSUD dan elemen masyarakat, agar dapat berperan aktif. Sehingga, bisa membangun masyarakat informatif menuju Kota Malang bermartabat,” katanya.

Dalam pemberian reward tersebut, ada empat penghargaan yang diperebutkan oleh peserta. Masing-masing, penghargaan Anugerah Inovasi dan Kreativitas Informasi Digital (AIKID), Apresiasi Pengaduan Informasi Terbaik (APIK), Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

“Kegiatan monitoring dan evaluasi masing-masing peserta telah dilakukan sejak Juni 2020 dan berakhir di bulan November 2020,” tambahnya.
Wali Kota Malang, Sutiaji, yang dalam kesempatan itu hadir dan memberi arahan, mengatakan bahwa empat jenis penghargaan ini merupakan simbol bagi orang-orang yang memiliki komitmen, kompetensi dan istiqomah.
“Awal mempersiapkan keikutsertaan dalam ajang ini, pasti dipaksa untuk terus berinovasi dan membuat perbaikan. Setelah dipaksa, akan timbul menjadi kebiasaan,” kata Sutiaji.
Ditambahkan Wali Kota Malang, ke depan diharapkan reward yang diberikan tersebut, mampu diimplementasikan dalam keseharian. Sehingga, masyarakat Kota Malang semakin terlayani dengan baik.
“Ketika sudah mendapat penghargaan, tolong dipertahankan dan makin ditingkatkan. Karena dasarnya adalah IT. Maka kecepatan, ketepatan dan akurasi menjadi satu indikator,” terang kepala daerah yang baru sembuh dari Covid-19 ini.

Advertisement

Dalam pemberian penghargaan tersebut, untuk kategori AIKID Website dan Medos Terbaik kategori Perangkat Daerah atau Sekretariat atau BUMD, berhasil diraih oleh Disdikbud sebagai Juara I sekaligus mendapat award website favorite. Bappeda Kota Malang sebagai Juara II, dan Disnaker PMPTSP sebagai Juara III. Sedangkan untuk kategori kelurahan berhasil dimenangkan oleh Kelurahan Purwantoro sebagai Juara I, Kelurahan Mojolangu Juara II dan Kelurahan Bakalankrajan Juara III dan Kelurahan Bandungrejosari mendapat penghargaan sebagai website favorite.

Sementara untuk kategori puskesmas dan RSUD, berhasil diraih RSUD Kota Malang sebagai Juara I sekaligus mendapat award website favorite, Puskesmas Arjuni Juara II dan Puskesmas Janti Juara III.
Untuk penghargaan APIK Respon Terbaik kategori Dinas atau Badan Inspektorat atau Sekretariat DPRD, berhasil dimenangkan oleh Diskopindag sebagai Juara I, DPUPRPKP Juara II dan Disnaker PMPTSP Juara III. Kemudian untuk kategori BUMD atau Bagian, kecamatan atau RSUD diperoleh PDAM Kota Malang sebagai Juara I, Kecamatan Lowokwaru Juara II dan Kecamatan Kedungkandang Juara III. Kategori Tata Kelola terbaik jatuh pada RSUD Kota Malang sebagai Juara I, Disporapar Juara II dan PDAM Kota Malang sebagai Juara III.

Lanjut untuk penghargaan KIM kategori Presentasi Terbaik jatuh pada KIM Lowokwaru dan Website Terbaik dimenangkan oleh KIM Tlogomas. Adapun Juara I adalah KIM Nukus (Sukun), Juara II diraih KIM Parseh Jaya, dan KIM Jaya mendapat Juara III.

Terakhir penghargaan KIP kategori dinas berurutan dimenangkan oleh Disnaker PMPTSP, Dispendukcapil dan Disporapar. Kemudian untuk kategori Badan BUMD dan kecamatan, diraih oleh Kecamatan Blimbing yang menjadi Juara I, Bappeda sebagai Juara II dan Bakesbangpol Juara III. Pada ketegori RSUD dan puskesmas, Puskesmas Pandanwangi mendapat Juara I, Puskesmas Ciptomulyo Juara II dan Puskesmas Janti sebagai Juara III. (cw1/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas