Kota Malang

Terjadi Peningkatan Kinerja Ruas, Rekayasa Jalan BS Riadi-Jalan Buring Segera Dipatenkan

Diterbitkan

-

RAKOR: Suasana Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. (memontum.com/rsy)

Memontum Kota Malang – Setelah selama dua bulan menerapkan rekayasa lalu lintas di Jalan Brigjen Slamet Riadi menuju Jalan Buring, Kecamatan Klojen, Kota Malang, kini Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang akan segera melakukan penetapan. Itu karena,  penetapan ini nantinya bakal dapat meningkatkan kinerja di ruas jalan sekitar.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Malang, Muhammad Anis Januar, menyampaikan jika peningkatan kinerja ruas jalan itu terjadi di Jalan Bromo, Jalan BS Riadi Timur, Jalan Basuki Rahmat Utara, Simpang Rajabali dan Simpang Bromo Semeru, sebesar tiga persen. “Artinya, jalan yang awalnya lumayan padat antara kapasitas dan volume, itu sekarang kapasitasnya tetap. Tetapi, untuk volumenya atau jumlah kendaraannya menurun. Karena kendaraan yang mau ke Jalan Ijen di sisi sebelah Barat, sudah tidak perlu memenuhi atau lewat Jalan Basuki Rahmat, Semeru,” jelas Anis, seusai rapat Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Senin (30/09/2024) tadi.

Kemudian, ditambahkannya jika penerapan tersebut juga berpengaruh karena yang sebelumnya sempat menyebabkan kemacetan kini mulai stabil. Itu juga karena terjadi penerapan dua arah.

Baca juga :

Advertisement

“Awalnya itu satu arah, menjadi dua arah. Sehingga kalau awal-awal kelihatan macet. Sekarang sudah tidak. Penurunannya itu diidentikan dengan penggunaan jalan lebih banyak. Jadi dari yang satu arah menjadi dua arah,” tambahnya.

Rekayasa ini, lanjutnya, nantinya akan segera ditetapkan, jika evaluasi kedua tidak ada perubahan yang signifikan. Selain itu, barrier yang menjadi pengendalian sementara, nantinya akan diganti menjadi pembatas dari beton.

“Segera akan kami patenkan, tetapi untuk kapannya tentu itu tergantung dari hasil Forum LLAJ,” imbuh Anis. (rsy/sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas