Hukum & Kriminal

Peringati HPN, PWI Malang Raya Beri Penghargaan untuk Tokoh Peduli Pers

Diterbitkan

-

PENGHARGAAN: Ketua PWI Jatim, Lutfil Halim, didampingi Ketua PWI Malang Raya, Cahyono, saat memberikan Piagam Tokoh Peduli Pers kepada Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto. (memontum.com/rsy)

Memontum Kota Malang – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya, menggelar perayaan HUT ke-78 bersama dengan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Malang Raya, di Gedung DPRD Kota Malang, Jumat (09/02/2024) tadi. Acara yang bertajuk ‘Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa’ itu, bertujuan untuk semakin memperkuat sinergitas antara insan pers dengan seluruh jajaran pimpinan di Malang Raya.

Ketua PWI Jawa Timur, Lutfil Hakim, menyampaikan bahwa peringatan HPN saat ini sangat berkesan. Sebab, dihadiri oleh seluruh pimpiman daerah dari tiga wilayah di Malang Raya.

“Saya kira ini mungkin satu-satunya di Indonesia, di mana tiga pemerintah daerah bersatu untuk memperingati HPN di hari ini. Terlebih, ini juga bertepatan dengan hari libur tapi semua Forkopimda bisa hadir dalam acara ini,” kata Lutfil, dalam sambutannya.

Menurut Lutfil, hal tersebut merupakan bukti bahwa Malang Raya merupakan satu kawasan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Dirinya juga berpesan, agar insan pers di wilayah Malang Raya dapat turut mengawal penyelenggaraan Pemilu 2024. Sehingga, terwujud pesta demokrasi yang berkualitas.

Advertisement

Baca juga;

“Pers juga bertanggungjawab untuk mengawal pelaksanaan tahapan pemilu untuk memastikan tahapannya berjalan secara berkualitas. Serta dapat melahirkan pemerintahan yang berkualitas. Nah pasca pemilu, pers juga harus mengawal pemerintahan yang berkualitas, itulah pekerjaan besar yang harus diemban oleh insan pers Jatim khususnya Malang Raya,” ucapnya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat, yang turut memberikan sambutan menyampaikan harapannya agar dalam perayaan tersebut, para insan pers dapat semakin membersamai pemerintah. “Harapannya, dengan HPN ini juga akan mengingatkan kita bahwa insan pers merupakan mitra pemerintah untuk bersama mengawal pelaksanaan Pemilu serentak 2024. Melalui momentum HPN ini, mari kita tingkatkan profesionalisme dan independensi dalam membangun Indonesia yang lebih maju dan berdaulat,” kata Pj Wali Kota Wahyu.

Sebagai informasi, dalam peringatan tersebut juga diberikan piagam penghargaan pada para Tokoh Peduli Pers. Diantaranya, Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat, Bupati Malang, Sanusi, Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai dan Ketua Generasi Muda Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan dan Putra-Putri TNI/Polri (GM FKPPI) Jawa Timur, R Agoes Soerjanto.

Advertisement

Penghargaan juga diberikan kepada Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto, Kapolres Malang, AKBP Putu Kholis Aryana, Kapolres Batu, AKBP Oskar Syamsuddin dan Dandim 0833 Kota Malang, Letkol Arm Aris Gunawan. Ketua DPRD Kota Malang, I Made Riandiana Kartika dan Ketua DPRD Kab Malang, Darmadi.

Dalam kesempatan yang berbeda, Ketua PWI Malang Raya, Cahyono, juga telah memberikan piagam Tokoh Peduli Pers kepada Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR-RI), Achmad Basarah. Penyerahan tersebut ditujukan saat Basarah mengisi materi dalam sosialisasi empat pilar demokrasi yang bertempat di Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Malang (UM), Jumat (09/02/2024) siang. (rsy/sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas