Hukum & Kriminal

Jelang Pilkada 2024, Polresta Malang Kota Gelar Simulasi Pengamanan

Diterbitkan

-

SIMULASI: Pelatihan dan simulasi peragaan dalam rangka pengamanan Pilkada serentak di Kota Malang. (memontum.com/rsy)

Memontum Kota Malang – Dalam rangka pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di tahun 2024, jajaran kepolisian Polresta Malang Kota, TNI, dan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang bersinergi melakukan pelatihan dan simulasi peragaan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota), di depan Balai Kota Malang, Rabu (12/06/2024) tadi.

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto, menyampaikan bahwa simulasi Sismpakota tersebut dilakukan untuk mengamankan Kota Malang dari adanya kejadian-kejadian yang dapat mengganggu Ketertiban dan Keamanan Masyarakat (Kantibmas). Terlebih, juga ada beberapa potensi yang diprediksi bisa terjadi.

“Tadi yang kita lihat adanya simulasi dalam pengrusakan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), objek-objek vital hingga pertokoan. Nah, dari masyarakat ini juga harus kita persiapkan,” kata Kapolresta Malang Kota.

Dalam simulasi tersebut, terang Buher-sapaan Kapolresta Malang Kota, sedikitnya melibatkan 500 personil gabungan dari Kodim, Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub) hingga Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang. Tentu, pendekatan-pendekatan dengan daerah yang berbatasan dengan Kota Malang juga dilakukan.

Advertisement

Baca juga :

“Seperti perbatasan Kota Malang dengan Kecamatan Dau, Kabupaten Malang dan Kota Malang dengan Pakisaji serta Singosari, ini juga dilakukan penyekatan dengan personil TNI/Polri. Termasuk Satpol PP dan ada Danlanal juga yang siap diterjunkan dalam kegiatan pengamanan Pilkada,” tambahnya.

Buher berharap, agar ke depan nantinya simulasi prediksi tersebut tidak terjadi selama Pilkada. Sehingga, komunikasi sosial dan komunikasi publik harus tetap dijaga dengan baik, agar Kota Malang tetap aman, kondusif dan dapat dikendalikan.

“Sehingga, Pemkot Malang bekerjasama dengan kepolisian dan seluruh stakeholder untuk membangun komunikasi yang baik. Agar Kota Malang yang kita cintai ini damai, aman, kondusif dan dapat dikendalikan,” tambahnya.

Sebagai informasi, Polresta Malang Kota juga sudah mendapatkan hibah anggaran sebesar Rp 5,7 miliar dalam rangkaian Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) terkait dana pengamanan proses Pilkada Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Malang tahun 2024 ini. Anggaran tersebut telah disiapkan di tahun 2024 ini. (rsy/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas