SEKITAR KITA

Dinkes Wacanakan Program Screening ASN Penyintas Covid-19 untuk Dorong Kesadaran Donor Plasma Konvalesen

Diterbitkan

-

Dinkes Wacanakan Program Screening ASN Penyintas Covid-19 untuk Dorong Kesadaran Donor Plasma Konvalesen

Memontum Kota Malang – Kebutuhan akan plasma konvalesan cukup tinggi di Kota Malang. Hal itu mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), mewacanakan screening bagi Aparatur Sipil Negera yang merupakan penyintas Covid-19.

“Nanti, ke depan kami wacanakan program screening bagi ASN di lingkup Pemkot Malang. Tujuannya, supaya kita tahu berapa penyintas yang bisa mendonorkan plasmanya ke pasien Covid-19. Karena permintaan akan plasma konvalesan sendiri, tinggi,” ujar Kepala Dinkes, dr Husnul Muarif, Jumat (09/04) tadi.

Baca juga:

Pihaknya menginginkan, agar ASN bisa menginisiasi dan memberi contoh untuk berdonor. Pasalnya, terapi plasma darah konvalesen merupakan salah satu cara untuk membantu pasien yang tengah berjuang melawan Covid-19.

“Kebutuhan konvalesan masih tinggi, karena seperti yang kita tahu, ini bisa membantu kesembuhan pasien Covid-19. Tapi persediaan seperti di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Malang, masih kurang. Jadi, untuk menggerakkan masyarakat, diinisiasi dengan di lingkungan Pemkot Malang,” jelasnya.

Dikatakan pria yang pernah menjabat sebagai Dirut RSUD Kota Malang ini, tidak semua penyintas bisa mendonorkan plasmanya. Karena ada berbagai syarat yang wajib dipenuhi.

Advertisement

“Penyintas Covid-19 tidak semuanya bisa lolos screening. Karena ada beberapa persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi. Misalnya, penyintas yang kategorinya sedang dan berat itu yang bisa masuk di screeningnya. Sedangkan kalau Orang Tanpa Gejala (OTG) tidak masuk,” paparnya. (mus/sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas