Kota Malang

Kasus ISPA Dominasi Penyakit Warga Kota Malang di Musim Kemarau

Diterbitkan

-

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Husnul Muarif. (memontum.com/rsy)

Memontum Kota Malang – Kasus Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) mendominasi penyakit yang diderita masyarakat Kota Malang, selama musim kemarau seperti saat ini. Hal itu, dikatakan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Husnul Muarif.

Dari data yang masuk di Dinas Kesehatan Kota Malang, bahwa per Puskesmas jumlah kasus tersebut berbeda-beda. Salah satunya, seperti di Puskesmas Janti, dalam seharinya kasus tersebut bisa sampai dengan 39 kasus.

“Per puskesmas itu jumlah kasusnya tidak sama,” kata Husnul, Sabtu (21/09/2024) tadi.

Menurutnya, penyebab penyakit ISPA tersebut dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan cuaca. Selain itu, imunitas tubuh juga mempengaruhi.

Advertisement

“Faktor eksternal seperti cuaca, lingkungan, dan aktivitas sehari-hari, termasuk lingkungan rumah dan tempat kerja, sangat berpengaruh. Namun, daya tahan tubuh juga menentukan bagaimana seseorang menghadapi risiko ISPA,” jelasnya.

Baca juga :

Untuk pengobatan ISPA sendiri, menurutnya di puskesmas rata-rata memerlukan waktu antara dua sampai tiga hari. Namun, untuk kasus yang lebih parah atau disertai komplikasi lain, pengobatan bisa memakan waktu hingga satu minggu.

“Tergantung dari penyebabnya, kalau hanya gangguan pernapasan ringan, biasanya tidak butuh antibiotik. Tapi kalau ada infeksi yang lebih berat, antibiotik akan diberikan sesuai kondisi,” tambahnya.

Lebih lanjut Husnul menjelaskan, bahwa ISPA menyerang saluran pernapasan, mulai dari hidung hingga tenggorokan. Rentang usia yang paling rentan terkena penyakit ISPA, adalah balita, lansia hingga anak-anak usia sekolah.

Advertisement

Karena itu, Dinas Kesehatan Kota Malang terus mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan. Terutama dengan menjaga kebersihan lingkungan, meningkatkan imunitas dan menghindari aktivitas yang memperburuk risiko ISPA selama musim kemarau. (rsy/sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas