Kota Malang

Dapat Bantuan CSR, Ketua TP PKK Samaan Bidik Inovasi Pasar Sayur

Diterbitkan

-

Ketua TP PKK Kelurahan Samaan, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Weni Susilowati. (memontum.com/rsy)

Memontum Kota Malang – Ketua TP PKK Kelurahan Samaan, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Weni Susilowati, mengaku bersyukur dan senang bisa mendapatkan bantuan CSR program urban farming yang telah didapatkan dari BRI.

Sebelumnya, program urban farming di Kelurahan Samaan, sudah berjalan dan akan tetapi tidak secara masif dilakukan. Namun, dengan diberikan bantuan tersebut, menurutnya telah menambah fasilitas dan anggaran. Sehingga, membawa semangat baru bagi warga sekitar.

“Sebelumnya, itu tidak semua warga bergerak. Ada yang bersedia dan ada yang tidak. Dengan bantuan ini, maka menambah semangat warga untuk mempercantik wilayah dan ternyata menghijaukan lingkungan itu sangat bagus sekali manfaatnya. Disamping itu, juga menjaga ketahanan pangan di wilayah kami khusunya di RW 01,” jelas Weni, Sabtu (07/10/2023) tadi.

Kemudian, ditambahkannya, jika tanaman urban farming yang ada sangat beragam. Mulai dari bunga, buah-buahan, sayuran, tanaman toga dan jenis ikan. Terlebih, mengenai sayuran juga telah dipanen, kurang lebih sekitar 4 sampai 5 kali panen.

Advertisement

Baca juga:

“Itu semua diperuntukan untuk kemaslahatan para warga RW 01 Kelurahan Samaan. Jadi mulai dari Februari sampai Agustus, itu sudah panen 4 sampai 5 kali. Sebenarnya juga kemarin menginginkan agar peresmian di Agustus, tapi ternyata mundur sampai dengan hari ini,” tambahnya.

Pihaknya berharap, ke depan urban farming tersebut bisa terus berkelanjutan. Sehingga, program untuk menciptakan inovasi pasar sayur di wilayah RW 01 Kelurahan Samaan, Kota Malang, bisa digaungkan.

“Sehingga hasil panen yang kami jual, setiap panen bersama Ikatan Wanita BRI (IwaBRI) atau hanya dengan PKK dan warga sekitar, itu hasil panennya dilelang. Jadi dijual dan kebetulankan warga kita ada yang penjual lalapan, pangsit, ya sudah dibeli oleh warga sendiri dari hasil panen itu,” imbuhnya. (rsy/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas