Kota Malang

Meriahkan Dekranasda Fest 2023, Para Istri dan ASN Kota Malang Lakukan Peragaan Busana Kebaya

Diterbitkan

-

Memontum Kota Malang – Dekranasda Fest 2023 menggelar kegiatan peragaan busana yang melibatkan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Malang di Gedung Malang Creative Center (MCC), Rabu (23/08/2023) tadi. Pelaksanaan itu, diikuti oleh sedikitnya 40 peserta dari istri Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), ASN dan perbankan Kota Malang, yang berlenggak lenggok di atas panggung dengan mengenakan kebaya kolosal hasil dari desainer binaan Dekranasda Kota Malang.

Wali Kota Malang, Sutiaji, yang turut hadir dalam kesempatan itu menyampaikan jika gelaran tersebut merupakan acara tahunan yang selalu diadakan. Tentunya, tidak hanya sekedar meriah, namun juga memiliki makna yang lebih mendalam.

“Dekranasda Fest ini filosofinya adalah menggali potensi-potensi. Setelah itu menguatkan inovasi dan melestarikan budaya lokal kita. Jadi, yang tampil tadi merepresentasikan produk UMKM lokal Kota Malang dan itu dikuatkan bersama-sama,” kata Wali Kota Sutiaji.

Baca juga:

Advertisement

Selain itu, menurutnya gelaran Dekranasda Fest juga berperan dalam menguatkan aspek mental dan kepercayaan diri dari para peserta. Sebab, peserta harus berlenggak-lenggok tampil di depan umum.

“Karena ada orang-orang yang tidak terbiasa tampil di depan umum, tapi tadi harus tampil. Jadi, kepercayaan diri juga digali di sini,” tambahnya.

Lebih lanjut Wali Kota Sutiaji berharap, bahwa gelaran Dekranasda Fest tersebut dapat berkontribusi dalam menguatkan sektor UMKM di Kota Malang. Terlebih, saat ini nilai transaksi UMKM yang telah tercatat dalam Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kota Malang, telah mencapai angka Rp 89 miliar.

“Itu akan terus kami kuatkan melalui E-Katalog lokal dan seterusnya. Sambil juga gedung MCC ini dibangun untuk bagaimana menjadi inkubasi UMKM,” tambah Sutiaji.

Advertisement

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, Eko Sri Yuliadi, menyampaikan jika melalui kegiatan tersebut adalah untuk mempromosikan karya dari para desainer Kota Malang. Terlebih, desainer tersebut merupakan binaan dari Dekranasda itu sendiri.

“Jadi yang ditampilkan tadi adalah karya atau fashion dari binaan Dekranasda Kota Malang. Tadi ada lima hingga 10 fashion desainer yang ditampilkan. Kemudian, ada 30 pelaku UMKM binaan Diskopindag Kota Malang yang juga turut bergabung,”imbuh Eko. (hms/rsy/sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas