Kota Malang

Wali Kota Malang Tinjau Proses Pengerukan Sedimen untuk Antisipasi Banjir

Diterbitkan

-

Wali Kota Malang Tinjau Proses Pengerukan Sedimen untuk Antisipasi Banjir

Memontum Kota Malang – Wali Kota Malang, Sutiaji, melakukan pemantauan tim Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, dalam melakukan pengerukan sedimen dengan membongkar konstruksi bangunan di atas sungai, di Jalan Raya Langsep, Kelurahan Pisang Candi, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Selasa (06/09/2022) tadi.

Wali Kota Malang, Sutiaji, menyampaikan bahwa pengerukan dilakukan secara rutin dan bersama-sama. Upaya pembersihan dari sampah dan sedimen merupakan bentuk normalisasi, untuk menyongsong musim hujan yang akan tiba, mengingat sebagian besar saluran juga masih perlu penanganan.

“Alhamdulillah, kemarin ketika turun hujan pada beberapa titik yang sebelumnya sudah dikeruk sudah bisa mengurangi risiko genangan. Insyaallah bisa 30 sampai 40 persen,” terang Wali Kota Sutiaji.

Pihaknya optimis, jika pengerukan yang dilakukan tersebut bisa mengurangi genangan yang sering dikeluhkan oleh warga. Terlebih, Pemkot Malang juga membuat beberapa sudetan di Jalan Dieng dan Jalan Kelapa Sawit.

Advertisement

“Insyaallah, karena di Dieng sudah ada sudetan, itu sudah agak mengurangi banyak. Ketika disini akan disudet langsung harapannya nanti di Jalan Bareng juga sudah mulai berkurang,” lanjutnya.

Terkait dengan masterplan drainase, dikatakan bahwa saat ini sedang dalam proses finalisasi, dan akan menjadi basis penataan ke depan yang lebih terukur. Dimana nantinya di tahun 2023 akan menyelesaikan beberapa wilayah, dan di tahun 2028 Kota Malang bisa bebas dari banjir.

Baca juga :

“Insyaallah tahun 2028 kita sudah clear banjir. Makanya ini ada Rencana Pembangunan Daerah (RPD) di 2024 kita tata sekarang. Sehingga nanti ketika ada kepemimpinan yang plt itu, mengikuti RPJMD kan kita selesai tahun 2023, kita sudah ada rencana pembangunan daerahnya di 2024,” katanya.

Sementara itu, Plt Kepala DPUPRPKP, Diah Ayu Kusumadewi, menambahkan bahwa lokasi di Pisang Candi adalah area ke-15 yang sudah tertangani. Itu akan terus dilakukan ke beberapa wilayah lain yang ada di Kota Malang. “Perkiraan untuk disini kita kerjakan empat hari sampai seminggu ini. Untuk masterplan drainase target selesai November 2022,” ucap Diah.

Advertisement

Selain itu, salah satu Ketua RW 02 Kelurahan Pisang Candi, Karifin, mengatakan bahwa memang di beberapa lokasi kelurahan Pisang Candi tersebut, sering mengalami banjir. Jika bangunan diatas sungai tersebut tidak dibongkar dan tidak dikeruk, maka air akhirnya meluap ke jalan.

“Itu memang kalau ada bangunannya, air jadi terhambat menjadi kurang lancarnya. Karena adanya hambatan itu yang mestinya alirannya bisa sampai 100 km jadi larinya terhambat cuma 50 km,” ungkapnya.

Dengan dilakukan pengerukan tersebut, pihaknya berharap agar tidak terjadi banjir dengan genangan air yang tinggi dikawasan tersebut. (hms/rsy/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas