Pemerintahan

Rangsang Pertumbuhan Ekonomi, Pengadaan Barang dan Jasa Kota Malang 2021 Dipercepat

Diterbitkan

-

Wawali Kota Malang saat menjadi pembicara di kegiatan percepatan pengadaan barang dan jasa Kota Malang tahun 2021.
Wawali Kota Malang saat menjadi pembicara di kegiatan percepatan pengadaan barang dan jasa Kota Malang tahun 2021.

Memontum Malang Kota – Pemerintah Kota Malang melalui Unit Layanan Pengadaan (ULP) mengadakan ‘Persiapan Pengadaan Barang dan Jasa Tahun Anggaran 2021’, pada Rabu (2/12) tadi.

Kegiatan yang bertujuan untuk merangsang pertumbuhan ekonomi itu, diharapkan adanya percepatan proses lelang pengadaan barang dan jasa.

Wakil Wali Kota Malang, H Sofyan Edi Jarwoko, yang menjadi keynote speaker dalam kegiatan percepatan tersebut, mengatakan bahwa saat ini terjadi re-focusing karena adanya pandemi Covid-19.

“Konsen mengarah ke pembangunan SDM, penyelesaian masalah pendidikan, kesehatan serta kesejahteran sosial juga ekonomi,” katanya.

Advertisement

Bung Edi-sapaan Wawali Kota Malang menambahkan, agar membantu pemulihan ekonomi pada masa pandemi, proses lelang pengadaan barang dan jasa harus ada percepatan.

“Jika ada pengadaan barang, usahakan produk dalam negeri, apalagi produk UMKM. Dengan begitu, akan semakin menghangatkan perekonomian,” imbuhnya.

Di sisi lain, ujarnya, penanganan Covid-19 masih menjadi prioritas dalam program Pemerintah Kota Malang di tahun 2021.

Senada dengan yang disampaikan Wawali Kota Malang, Kepala Bagian Unit Layanan Pengadaan (ULP) Barang atau Jasa Kota Malang, Widjaja Saleh Putra, mengatakan bahwa 40 persen anggaran penyediaan barang dan jasa itu akan disalurkan kepada penyedia barang dan jasa dari sektor UMKM. “Nilainya sekitar Rp 2,5 miliar,” ujarnya.

Advertisement

Ditambahkan, rencana umum pengadaan (RUP) untuk 2020, tender terencana sekitar 128. Sementara realisasi, sekitar 99. “Itu sudah bagus. Apalagi, di tengah kondisi saat ini (Covid-19),” kata Widjaja. (cw1/sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas