SEKITAR KITA

Bergerombol Sebelum Aksi Demo, Sebanyak 56 Orang Diamankan

Diterbitkan

-

Pendataan ke 56 orang yang sempat diamankan. (ist)
Pendataan ke 56 orang yang sempat diamankan. (ist)

Memontum Kota Malang – Petugas Polresta Malang Kota, Selasa (20/10/2020) sore, masih melakukan pendataan sebanyak 56 orang di Aula Mapolresta Malang Kota. Yakni terdiri dari 10 mahasiswa, 13 pelajar SMA, 21 pelajar SMK, 1 pelajar SMP, 6 pengangguran, 1 kuli bangunan dan 4 pekwrja swasta.

Mereka diamankan pada Selasa siang di sekitaran Stasiun Kota Malang dan sekitaran area Bundaran Tugu Kota Malang. Karena kedapatan bergerombol sebelum demo mahasiswa menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja, datang ke Rajabali dan depan Gedung DPRD Kota Malang.

Kasat Reskrim AKP Azi Pratas Guspitu SH SIK bahwa pihaknya sudah melakukan pemeriksaan ke 56 orang tersebut. “Kita sudah melakukan pemeriksaan tidak ada indikasi ke arah provokator dan anarkis,” ujar AKP Azi.

Mereka diamankan saat petugas melakukan penyisiran di sekutaran lokasi unjuk rasa. “Kita mengamankan lokasi dan penyisiran sekitaran lokasi sebelum demo mahasiswa datang ke Rajabali dan depan Gedung DPR. Mereka banyak kami temukan di sekitaran stasiun dan tugu. Kita amankan mereka untuk mencegah adanya penyesup ke aksi demo. Ini sifatnya untuk antisipasi,” ujar AKP Azi.

Advertisement

Ada beberapa yang sengaja datang di sekitaran depan stasiun dan tugu karena muncul ajakan untuk berdemo melalaui pesan WhatsApp. “Ada beberapa yang ingin berdemo karena ada ajakan melalui chat di HP nya. Ada pula yang mengatakan hanya ingin melihat demo,” ujar AKP Azi.

Ke 56 orang yang sempat diamankan ini akan dipulangkan pada Selasa malam. “Malam ini seluruhnya kami pulangkan. Namun kita dahulukan yang anak-anak. Kita panggil orang tuanya. Dari 56 orang ini mengaku tidak ada yang ikut dalam unjuk rasa 8 Oktober 2020 lalu,” ujar AKP Azi. Pada Selasa malam satu persatu sudah diperbolehkan pulang terutama yang anak-anak. (gie)

 

 

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas