Kota Malang

Hebat, Mahasiswa UMM Ciptakan Robot Pemroses Sampah

Diterbitkan

-

Bermula dari keresahan terhadap sampah di lingkungan sekitar, mahasiswa UMM ini ciptakan robot yang dapat memilah sampah.
Bermula dari keresahan terhadap sampah di lingkungan sekitar, mahasiswa UMM ini ciptakan robot yang dapat memilah sampah.

Memontum Kota Malang – Mahasiswa Universitas Muhammadiyyah Malang (UMM) ciptakan robot yang dapat memilah sampah secara otomatis. Robot tersebut diberi nama ‘Magic Trash Robot (Master)’.

Master sendiri, tercipta dari ide sekelompok Mahasiswa UMM yang berhasil menjadi runner up dalam lomba business plan pada Acara Dies Natalis Politeknik ATK Yogyakarta ke-62. Sekelompok mahasiswa tersebut adalah I’if Nur Safitri dan Andanrani, yang berasal dari Program Studi Akuntansi.

Andanrani mengurai, tujuan dari pembuatan robot tersebut bermula dari keresahan masyarakat terhadap sampah di lingkungan sekitar. Mengingat, sampah di Indonesia mengalami penumpukan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Sehingga, membuat degradasi kebersihan lingkungan, serta kandungan gas metan yang dikeluarkan mengakibatkan global warming.

“Dengan adanya produk ini, segala aktifitas dalam memilih sampai sesuai jenisnya menjadi lebih praktis. Selain itu, Master juga memudahkan pengelolaan sisa makanan menjadi pupuk sederhana yang dapat mengurangi bau pembusukan,” kata Andanrani, Senin (12/10) tadi.

Advertisement

Lebih lanjut, Andanrani menyampaikan, bahwa produk seperti itu belum pernah ada di Indonesia. Sebab, produk Master miliknya lebih praktis dan efisien. Serta, tidak memerlukan tenaga manusia dalam pengolahannya.

“Kalaupun ada tempat sampah, itu biasa saja. Sebatas tempat membuang sampah, tidak seperti produk Master kami ini,” ujar mahasiswi angkatan 2018 itu.

Selain itu, terdapat keunggulan lain, yakni dapat menguraikan sampah menjadi pupuk sederhana yang dapat meminimalisir bau. “Kami menggunakan novasi baru agar dapat mengembangkan kualitas produk yang baik, bermanfaat bagi masyarakat umum maupun pribadi,” ujar Mahasiswi asal Lamongan, Jawa Timur itu. (mg1/sit)

 

Advertisement

 

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas