Pemerintahan

Kelurahan Kidul Dalem Zona Merah, Bagaimana Penanganannya ?

Diterbitkan

-

Kelurahan Kidul Dalem Zona Merah, Bagaimana Penanganannya

Memontum Kota Malang – Pandemi Covid 19 yang tak kunjung selesai membuat Pemkot Malang bekerja keras menghentikan penyebarannya. Kelurahan Kidul Dalem, Kota Malang, Senin (29/6/2020) sudah memasuki zona merah setelah kedapatan beberapa keluarga positif covid-19 setelah dilakukan swab test.

Dari 4 kelurahan, Kidul Dalem mempunyai 7 kasus PDP. Sudah ada yang sembuh 1 dan yang 3 sedang menjalani perawatan di rumah sakit.

“Kondisi kita masih sangat memprihatinkan. Karena itu, di tengah keprihatinan ini kita harus kerja lebih keras lagi. Komitmen diantara kita semua harus cepat terbangun. Tapi tidak menutup kemungkinan kasus ini akan merambat. Informasi dari 4 kelurahan terdeteksi 10 orang positif,” ujar Wali Kota Malang Drs H Sutiaji.

Dari pihak Puskesmas Arjuno, mereka akan mencari solusi dan bergerak agresif agar tidak menyebar lebih luas lagi.

Advertisement

“Testing dan kontak tracing harus dilakukan secara masif dan agresif. Kita tidak ingin sekedar rapid test saja. Kapasitas di Indonesia pun masih rendah untuk pemeriksaan. Karena baru mencapai 8, sedangkan rasio minimal adalah 25. Jadi bila ada 1 penderita positif, 25 orang harus rapid test. Sedangkan di Malaysia test minimal 80 dan radio test minimal adalah 600,” ujar Kepala Puskesmas Arjuno dr Ida Megawati.

Sistem pelaporan saat ini, akan dilakukan secara bertahap mulai dari kelurahan ke pemerintah, baru ke RW dan penindakan kepada keluarga atau orang yang bersangkutan dan keseluruhan wilayah.

“Sampai sekarang pun kita masih membutuhkan sekitar total 34 orang. Tenaga kesehatan untuk dapat memaksimalkan penangan dan mencegah Covid19 ini menyebar lagi,” ujar wali kota. (Mg1/yan)

 

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas