Kota Malang

Curah Hujan Tinggi Mulai Guyur Kota Malang, BPBD Siapkan Antisipasi EWS

Diterbitkan

-

HUJAN: Salah satu kawasan di Soekarno Hatta melalui pantauan CCTV Kota Malang. (Ist)

Memontum Kota Malang – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang, mengimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati dan waspada ketika melintas di jalanan Kota Malang.

“Waspada hujan lebat disertai angin kencang, awas jarak pandang terbatas, jalan licin,” tulis BPBD dalam akun sosial media twitter.

Selain itu, dalam mengantisipasi terjadinya banjir di sekitar sungai yang ada di beberapa kawasan Kota Malang saat ini juga telah terpasang Early Warning System (EWS). Seperti, di tiga titik aliran Sungai Brantas Kota Malang dan Sungai Amprong.

Baca juga :

Advertisement

“Kami sudah memasang di aliran sungai brantas, ada di tiga titik yaitu di dekat pintu air Tlogomas, Kampung Putih dan Muharto. Kemudian kalau di aliran Sungai Amprong itu ada di wilayah Lesanpuro 12 gang sate,” tambah BPBD dalam akun medis sosialnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Malang, Prayitno, juga menyampaikan jika saat ini di Kota Malang sudah terpasang tujuh EWS banjir dan satu EWS untuk tanah longsor. Namun, di tahun ini juga telah direncanakan untuk dilakukan pemasangan EWS longsor di daerah sekitar Joyogrand, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

“Nanti di akhir tahun ini akan ada EWS lagi untuk yang longsor di daerah Joyogrand, karena di sana ada daerah yang kecuramannya tinggi, dikhawatirkan ada kejadian, jadi dipasangnya EWS nanti misal ada tremor kita bisa memberitahu warga setempat,” imbuh Prayitno. (rsy/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas