Kota Malang

Bus AKDP di Terminal Arjosari Kota Malang Alami Lonjakan Penumpang

Diterbitkan

-

Bus AKDP di Terminal Arjosari Kota Malang Alami Lonjakan Penumpang
NAIK: Bus AKDP di dalam Terminal Arjosari Kota Malang. (memontum.com/rsy)

Memontum Kota Malang – Sebanyak 350 armada Bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di Terminal Arjosari, Kota Malang, mengalami lonjakan penumpang selama libur Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah. Hal itu, dikatakan oleh Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Arjosari Kota Malang, Hadi Supeno, Rabu (26/04/2023) tadi.

Menurut Hadi, lonjakan penumpang Bus AKDP di tahun ini, tentunya lebih banyak dibandingkan tahun lalu. Namun, pihaknya tidak bisa memastikan untuk nilai prosentasenya.

“Untuk data hari ini, rekapnya baru keluar besok. Pastinya, saat hari H kemarin dan H+2, itu ada lonjakan yang tinggi. Kalau untuk arus balik, sudah mulai sekarang ini,” jelas Hadi.

Berbanding terbalik dengan Bus AKDP, untuk Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), malah mengalami penurunan penumpang. Hal itu, disebabkan karena saat ini lebih banyak masyarakat yang memanfaatkan Kereta Api (KA) dan layanan mudik gratis.

Advertisement

Baca juga :

“Kalau Bus AKAP, itu cuma ada 60 armada. Dahulu, banyak penumpang yang larinya itu naik bus, karena kalau naik KA harus menunjukkan kartu vaksin dan sebagainya. Tetapi kalau sekarang, sudah tidak. Mereka jadi lebih banyak naik KA,” katanya.

Sementara itu, salah satu sopir Bus, Didik, menyampaikan jika di tahun ini memang terjadi peningkatan penumpang. Namun, hal itu menurutnya juga berbeda dengan tahun sebelumnya. Itu karena di tahun ini, banyak armada bus yang beroperasi.

“Peningkatannya ada, tetapi tidak seperti tahun kemarin. Karena di tahun ini, banyak armada bus yang beroperasi. Sehingga, pendapatan pun lebih banyak tahun kemarin. Untuk saat ini, yang lebih banyak peningkatannya itu pada saat arus balik,” ujar sopir jurusan Surabaya-Malang ini.

Sebagai informasi, untuk Bus AKDP sendiri untuk rute yang paling banyak dituju penumpang yakni ke jalur ke Blitar, Surabaya, Probolinggo hingga Jember. (rsy/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas