Kota Malang

Layani Masyarakat Umum, Sentra Vaksinasi Iluna Polkesma Sediakan Booster II

Diterbitkan

-

Layani Masyarakat Umum, Sentra Vaksinasi Iluna Polkesma Sediakan Booster II

Memontum Kota Malang – Vaksinasi booster II atau vaksinasi ke empat, kini sudah mulai menyasar kepada masyarakat umum. Karena itu, sentra vaksinasi Ikatan Luhur Nusantara (Iluna) Politeknik Kesehatan Malang (Polkesma), telah menyediakan vaksin bagi masyarakat Kota Malang.

Koordinator Perlengkapan Sentra Vaksinasi Iluna Polkesma, Yolanda Euveline Lauterbach, mengatakan vaksinasi booster II tersebut telah berjalan sejak Selasa (24/01/2023) kemarin, atau seusai dikeluarkannya Surat Edaran (SE) oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Sampai hari ini, yang melakukan vaksinasi booster II di sentra vaksinasi Iluna, masih di bawah 100 orang atau sekitar 70 orang. Itu karena, pelaksanaan baru tiga hari,” ujar Yolanda, Kamis (26/01/2023) tadi.

Dikatakannya, jika animo masyarakat umum, sebenarnya cukup tinggi untuk melakukan vaksinasi booster II. Namun, pihaknya mengaku terpaksa tidak dapat melayani, apabila masyarakat belum memiliki tiket booster II dari aplikasi PeduliLindungi.

Advertisement

“Memang untuk peminatnya sendiri banyak. Cuma, karena tiket mereka belum muncul, jadi otomatis belum bisa terlayani. Sekalipun ini untuk masyarakat umum, tapi syarat utamanya tiket yang ada di PeduliLindungi itu. Booster pertamakan juga begitu,” lanjutnya.

Baca juga :

Kemudian, pihaknya juga menjelaskan jika tiket booster II akan muncul di aplikasi setelah enam bulan sejak diterimanya vaksinasi booster I. Maka dari itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat umum, agar tetap memantau aplikasi guna memastikan munculnya tiket booster II.

“Tentu vaksinasi booster II ini untuk membentuk herd immunity di masyarakat. Karena antibody hanya bertahan selama enam bulan dari dia menerima vaksinasi terakhir. Terlebih juga, karena adanya kasus yang terjadi di China. Jadi, dengan adanya booster II, ini sangat membantu sekali kepada masyarakat,” bebernya.

Untuk jenis vaksin booster yang saat ini disediakan oleh sentra vaksinasi Iluna Polkesma, yakni jenis pfizer. Kurang lebih terdapat 1.620 dosis booster pfizer, yang diterima oleh sentra vaksinasi Iluna Jawa Timur.

Advertisement

“Kalau di seluruh Iluna Jawa Timur, itu ada 83 tray, atau kurang lebih 1.620 dosis, dan diterima oleh sentra vaksinasi Iluna. Kemudian, itu siap didistribusikan ke semua faskes yang ada di wilayah Jawa Timur,” ujarnya.

Sebagai informasi, sentra vaksinasi Iluna Polkesma bisa melayani masyarakat umum, mulai hari Senin sampai Jumat, dari pukul 09.00 hingga 14.00 WIB. Selain itu, masyarakat yang hendak melakukan vaksinasi booster ke dua juga diperkenankan untuk mendaftar melalui link yang tertera di bio Instagram iluna_community. Ataupun dengan mendatangi lokasi sentra langsung, dengan membawa fotokopi KTP dan alat tulis.

“Sebisa mungkin calon penerima vaksin itu kondisi badannya sehat, kemudian harus sudah makan dari rumah tidak boleh dalam keadaan perut kosong,” imbuhnya. (rsy/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas