Kota Malang

DPRD Kota Malang Gelar Rapat Paripurna Peringatan HUT Ke-108 Kota Malang

Diterbitkan

-

DPRD Kota Malang Gelar Rapat Paripurna Peringatan HUT Ke-108 Kota Malang

Memontum Kota Malang – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Malang, menggelar ‘Rapat Paripurna Peringatan HUT-108 Kota Malang’, Kamis (31/03/2022) tadi. Rapat yang digelar dalam menyambut HUT Kota Malang pada Jumat (01/04/2022) besok itu, diikuti seluruh unsur pimpinan DPRD Kota Malang dan eksekutif diantaranya Wali Kota Malang, Sutiaji.

Turut hadir pula dalam pelaksanaan itu, Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, Sekretaris Daerah Kota Malang, Erik Setyo Santoso, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Malang, Widayati Sutiaji, Wakil Ketua 1 TP PKK Ely Estiningtyas, Wali Kota Batu, Hj Dewanti Rumpoko, Bupati Kabupaten Malang, HM Sanusi, Dandim Kota Malang, Polresta Kota Malang, jajaran Partai Politik, Budayawan, Perangkat Daerah Kota Malang dan Tokoh Masyarat.

Sebagai pembuka gelaran acara rapat paripurna, disuguhkan penampilan paduan suara dari Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Kota Malang yang memukau. Lalu, menghadirkan tari tradisional dari SMPN 4 Kota Malang, serta pembacaan sejarah berdirinya Kota Malang.

Wali Kota Malang, Sutiaji, menyampaikan bahwa HUT tersebut merupakan sebuah keistimewaan. Pasalnya, sejak tahun 2020 serta 2021 tidak bisa dilakukan akibat adanya pandemi Covid-19 yang melanda.

Advertisement

“Alhamdulillah, saat ini pandemi sudah mulai terkendali. Ini buah dari kolaborasi kita semua. Peringatan HUT tahun ini, kami teguhkan lagi kolaborasi dan akselerasi,” ujar Wali Kota Sutiaji, Kamis (31/03/2022) tadi.

Dijelaskannya, untuk mewujudkan Kota Malang yang bermartabat, akan ditingkatkan pembangunan di Kota Malang. Dari segi perekonomian yang mendukung para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), kesehatan serta pendidikan.

“Ada lima prioritas yang harus dilakukan. Itu tidak mungkin bisa dilaksanakan jika tidak ada kolaborasi dan akselerasi,” lanjutnya.

Disebutkan Wali Kota Malang, lima prioritas pembangunan di Kota Malang tahun 2023 tersebut, yakni pemenuhan target kinerja penyelenggaraan daerah, penguatan branding Kota Malang, penuntasan masalah utama (banjir, kemacetan, pengangguran), lalu penguatan ketahanan sistem kesehatan masyarakat pasca pandemi, dan aktivasi perluasan ekosistem ekonomi kreatif dan smart city.

Advertisement

Selain itu, sesuai dengan tema HUT yakni akselerasi, kolaborasi dan bangkit bersama dirinya berharap agar diimplementasikan bukan hanya omongan semata. “Semua akan terwujud dengan adanya komitmen bukan hanya ucapan tapi juga tindakan. Kolaborasi dan akselerasi ini menjadi kunci. DPRD juga memiliki tiga fungsi legislasi, pengawasan, dan budgeting yang terus memberikan kontribusi,” terangnya.

Ketua DPRD Kota Malang, I Made Rian Diana Kartika, dalam kesempatan sama menyampaikan tema yang diangkat HUT ke 108 ini, sangat luar biasa. Pasalnya dengan kolaborasi, akselerasi dan bangkit bersama ini, bisa membangun Kota Malang yang lebih baik lagi.

“Dengan adanya momen hari jadi Kota Malang, dapat mewujudkan keselarasan dari perbedaan suku, adat, tradisi, dan agama serta mampu menjadi salah satu elemen penguat nilai-nilai kebangsaan dan NKRI untuk memperkuat nilai-nilai kebangsaan kita,” ujar Ketua DPRD Kota Malanf. (cw2/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas