Kota Malang

57 Kelurahan di Kota Malang Canangkan Jadi Kelurahan Cinta Statistik

Diterbitkan

-

57 Kelurahan di Kota Malang Canangkan Jadi Kelurahan Cinta Statistik

Memontum Kota Malang – Dalam rangka menguatkan program kelurahan cinta statistik (Cantik), Pemerintah Kota Malang mendapatkan penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Timur, Rabu (15/03/2022) di salah satu hotel di Kota Malang. Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Wali Kota Malang, Sutiaji, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Muhammad Nur Widianto, Kepala BPS Kota Malang, Erny Fatma Setyoharini, Kepala BPS Provinsi Jawa Timur, Dr Dadang Hardiwan SSi MSi dan para camat serta lurah di Kota Malang.

Wali Kota Malang, Sutiaji, dalam kesempatan itu menegaskan bahwa data itu sangat penting, dalam proses pembuatan kebijakan pembangunan ke depan. Termasuk, dalam rangka peluncuran kelurahan yang cinta akan statistik.

“Jadi, data itu memang penting. Kalau kita lakukan validasi data, terus ya nanti harapannya data itu jadi satu dan data itu bisa dibawa kemana-mana serta datanya itu valid,” papar Wali Kota Sutiaji.

Dijelaskannya, data dihimpun dari kelurahan yang ada di Kota Malang. Lalu, untuk updating data akan melibatkan stakeholder, termasuk di dalamnya ada Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) hingga dasawisma.

Advertisement

Baca juga :

“Insyaallah, Kota Malang yang terbanyak. Kita harus bekerja bersama-sama dan stakeholder juga terlibat,” tambahnya.

Disebutkannya, saat ini akan ada 57 kelurahan yang dicanangkan untuk program Kelurahan Cantik. BPS juga akan bekerjasama dengan Perguruan Tinggi Negeri, Universitas Brawijaya (UB), yang akan membantu memberikan pendampingan kepada 57 kelurahan tersebut.

“Hari ini kita canangkan ya, nanti tinggal BPS yang menggerakan. Insyaallah, dalam waktu dekat bekerjasama dengan UB dalam melakukan pendampingan. Semoga, tidak ada hambatan dari pihak kelurahan untuk melaksanakan ini,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kota Malang, Muhammad Nur Widianto, menjelaskan jika dirinya bersama dengan BPS Kota Malang, bersama-sama menguatkan program Kelurahan Cantik. Pihaknya menyampaikan, dengan adanya kegiatan tersebut, maka bisa mengedukasi masyarakat agar memahami statistik dan mengetahui kemanfaatannya.

Advertisement

“Tujuannya ini, agar data semakin berdaya. Dari sisi bagaimana menghimpunnya dan berdaya dari manfaatnya. Inikan nanti semua data bisa di akses semua melalui online,” paparnya. (hms/cw2/sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas