Kota Malang

Sebanyak 40 Ribu Siswa Daftar SNMPTN Universitas Brawijaya Malang

Diterbitkan

-

Sebanyak 40 Ribu Siswa Daftar SNMPTN Universitas Brawijaya Malang

Memontum Kota Malang – Universitas Brawijaya (UB) menjadi salah satu perguruan tinggi yang banyak diminati pendaftar melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022. Berdasarkan data dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), jumlah peminat UB ada sebanyak 40.094 siswa dari seluruh Indonesia.

Wakil Rektor Bidang Akademik UB, Aulanni’am, mengatakan tahun ini kuota SNMPTN menjadi 20 persen. “Karena UB sudah PTNBH maka jumlah kuota SNMPTN sebanyak 20 persen. Jika jumlah mahasiswa baru 2022 nanti yang masuk diperkirakan sekitar 15 ribu, maka jumlah yang diterima lewat jalur SNMPTN kurang lebih 3 ribu mahasiswa,” katanya, Jumat (04/03/2022).

Perlu diketahui, bahwa dari 40 ribu siswa tersebut, peminat saintek terbanyak. Pertama, prodi Kedokteran yakni 1.746 siswa, kedua prodi Ilmu Keperawatan sejumlah 1.332 siswa dan ketiga prodi Teknik Informatika dengan jumlah peminat 1.303 siswa.

Baca juga:

Advertisement

Sedangkan pada Bidang Soshum, dengan peminat terbanyak pertama yakni prodi Ilmu Hukum sejumlah 1.625, Kedua prodi Manajemen sebanyak 1.569 dan yang ketiga prodi Ilmu Administrasi Bisnis sebanyak 1.141 peserta.

Prof Aul menambahkan, untuk SNMPTN dan SBMPTN, semua mengelola dari LTMPT. UB hanya mengambil berdasarkan kuota yang ditentukan. “Kita sudah diberikan data dari LTMPT dan tinggal menentukan sesuai dengan kuota masing-masing fakultas,” katanya.

Profesor Bidang Ilmu Biokimia tersebut menjelaskan, untuk SNMPTN tidak hanya nilai akademik saja yang berpengaruh. Namun, prestasi kakak kelas yang berada di perguruan tinggi bersangkutan juga ikut dinilai serta catatan dari LTMPT seperti peserta yang tidak daftar ulang setelah diterima di SNMPTN.

Pendaftaran SNMPTN dimulai tanggal 14 sampai 28 Februari 2022. Pengumuman akan disampaikan pada 29 Maret 2022 pukul 15.00 melalui website Selma.ub.ac.id. (cw2/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas