Kota Malang

Wawali Kota Malang Tinjau Rencana Peresmian dan Pemanfaatan Jembatan Tlogomas-Saxophone

Diterbitkan

-

Wawali Kota Malang Tinjau Rencana Peresmian dan Pemanfaatan Jembatan Tlogomas-Saxophone

Memontum Kota Malang – Wakil Wali (Wawali) Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, meninjau jembatan alternatif yang menghubungkan Jalan Tlogomas dengan Saxophone, Selasa (22/02/2022). Menurutnya, jembatan tersebut secara struktur sudah layak untuk dilalui dan dipakai oleh masyarakat sebagai jalan dan jembatan untuk layanan masyarakat.

“Artinya, secara keseluruhan pekerjaan sudah selesai kemudian secara struktur sudah layak. Karena masa beton sudah terlewati, sehingga siap untuk diresmikan,” ujarnya.

Wawali Sofyan Edi mengatakan, jika jembatan akan diresmikan pada (24/02/2022) mendatang. Pasalnya, masih ada beberapa kondisional yang harus dikoordinasikan dengan provinsi. Karena, jalur utama di Jalan Tlogomas merupakan jalur milik Provinsi Jawa Timur.

“Ada beberapa kondisional yang mesti dikoordinasikan dengan provinsi. Makanya, dipasang rambu sementara tidak boleh belok kanan,” katanya.

Advertisement

Baca juga:

Namun, tambahnya, diharapkan koordinasi tersebut segera dituntaskan dalam dua hari ke depan. Untuk kendaraan yang bisa melintasi kawasan jembatan ini, sementara waktu hanya dibolehkan bagi kendaraan kelas III. Khususnya di masa uji coba dua minggu fungsional jembatan.

“Sebetulnya jembatan ini didesain untuk kendaraan kelas I, tapi menyesuaikan kondisi. Sementara masih kendaraan kelas III. Bus, truk tronton tidak bisa, tapi untuk ankle truk dibolehkan melintas. Uji coba selama 2 minggu dulu,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, Diah Ayu Kusumadewi, mengungkapkan pengerjaan Jembatan Tlogomas ini tuntas sejak 16 Februari 2022. Saat ini, di area jembatan masih dilakukan perapian sebelum peresmian dua hari lagi.

“Kan itu area samping mau disiapkan untuk lokasi peresmian, jadi ya dilakukan perapian saja. Secara kontrak sudah selesai. Ini tinggal perapian,” katanya.

Advertisement

Kelengkapan sarana prasarana di area Jembatan Tlogomas, juga terus dioptimalkan. Misalnya, lampu penerangan jalan umum (PJU) dan telah dinyalakan setiap malam. (cw2/sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas