SEKITAR KITA

BI KPw Malang Prediksi November Perekonomian Kota Malang Pulih

Diterbitkan

-

Memontum Kota Malang – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2 yang berlaku di Kota Malang, menimbulkan beberapa efek positif. Kelonggaran aturan yang berlaku berdampak signifikan pada sektor perekonomian masyarakat. Salah satunya, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang telah disurvei oleh Bank Indonesia Kantor Perwakilan (BI KPw) Malang selama Oktober 2021 lalu.

“Peningkatan hingga 21 persen, IKK Kota Malang pada Oktober lalu mencapai 123 persen. Sementara pada bulan sebelumnya masih berada pada angka 102,5 persen,” ujar Kepala BI KPw Malang, Azka Subhan, Sabtu (06/11/2021).

Baca juga:

Artinya, tambahnya, kenaikan tersebut mengindikasikan inflasi di Kota Malang cenderung stabil dan kegiatan ekonomi masyarakat perlahan pulih. “Meningkatnya ketersediaan lapangan pekerjaan mengindikasikan bahwa kegiatan ekonomi di masyarakat mulai membaik dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara disiplin,” tambahnya.

Dirinya menambahakan, penurunan level PPKM dari Level 3 ke Level 2 di Kota Malang sejak awal Oktober menjadi faktor terpenting. Sebab kelonggaran pada sektor kegiatan perekonomian berdampak ke pemulihan ekonomi.

Advertisement

“Bahkan kami memprediksi kenaikan IKK bakal naik juga pada bulan November ini. Karena melihat perekonomian di Kota Malang yang dominan pada sektor pariwisata telah dibuka perlahan,” beber Azka.

Tidak hanya itu, lapangan pekerjaan yang sudah mulai terbuka di beberapa perusahaan juga turut memberikan efek positif. Jumlah IKK sebesar 123 persen tersebut, sama seperti Februari 2020 sebelum kasus Covid-19 mengganas.

“Bisa disimpulkan bahwa perekonomian Kota Malang memulih perlahan. Jika melihat tabel IKK per bulan, prediksi bulan ini kondisi setidaknya akan sama seperti sebelum pandemi,” terang Azka. (mus/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas