SEKITAR KITA

Antisipasi Gangguan di Musim Penghujan, KAI Daop 8 Cek Lintas Malang-Bangil

Diterbitkan

-

Memontum Kota Malang – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya melakukan persiapan dalam menghadapi musim penghujan. Salah satunya dengan melakukan cek lintas dengan menggunakan lori dressin yang dimulai dari Stasiun Malang (Stasiun Malang Kota Baru) hingga Stasiun Bangil, Rabu (03/11/2021).

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan, bahwa kegiatan cek lintas ini berfokus pada pengecekan prasarana untuk memastikan keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api menjelang musim penghujan. “Kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk mewujudkan perjalanan kereta api yang selamat, aman, nyaman dan sehat bagi pelanggan kami,” terangnya.

Baca juga:

Oleh karenanya KAI Daop 8 Surabaya memetakan daerah rawan yang memiliki potensi mengganggu operasional KA. Tercatat ada 16 titik yang memiliki potensi mulai dari luapan air, pohon tumbang, hingga rawan longsor.

“Titik-titik tersebut salah satunya juga terdapat di lintas Stasiun Malang hingga Stasiun Bangil. Sehingga kami menyiagakan petugas di beberapa titik untuk melakukan penanganan jika terjadi gangguan,” jelasnya.

Advertisement

Selain itu, disiapkan juga Alat Material Untuk Siaga (AMUS), yang terdiri dari pasir, bantalan rel, h-beam (potongan besi), peralatan ringan petugas, hingga alat berat Multi Tie Temper (MTT), yang bersiaga pada titik potensi rawan gangguan.

Salah satu fokus dalam kegiatan lori dresin tersebut yakni melakukan pemantauan kanan dan kiri rel, sebagai antisipasi kemungkinan adanya pohon tumbang maupun luapan air hujan yang berpotensi mengganggu perjalanan KA.

“Dari hasil pemeriksaan, jajaran manajemen KAI Daop 8 Surabaya meyakinkan kondisi jalur KA benar-benar dalam kondisi prima. Meski demikan, kami akan terus melakukan pemantauan dan pengawasan pada beberapa titik yang dinilai berpotensi dapat mengganggu perjalanan kereta api,” ujar Luqman. (mus/gie)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas