Pemerintahan

Wali Kota Sutiaji Wacanakan Sepeda Motor boleh Lewati Fly Over

Diterbitkan

-

Memontum Kota Malang – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang terus berupaya menetapkan kebijakan demi menguraikan kemacetan di beberapa titik.

Salah satunya, dengan memwacanakan diperbolehkannya sepeda motor melintasi fly over. Bahkan, hal ini diakui Wali Kota Malang, Sutiaji, telah disetujui oleh Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAU).

“Sebenarnya motor melintas di fly over saat ini sudah sering. Saya kira, sudah umum banyak yang nrombol (melintas meski dilarang, red),” ujarnya saat ditemui di Balai Kota, Senin (01/11/2021).

Dirinya menjelaskan, bahwa fly over sebetulnya diutamakan bagi pengendara roda empat untuk mengurai kemacetan di ruas jalan Kota Malang.

Advertisement

“Tapi sekarang roda dua juga banyak, dan saya rasa itu tidak mengganggu stabilitas berkendara di fly over,” sambungnya.

Beberapa waktu lalu, ketika rapat koordinasi (rakor) dengan FLLAJ, semua elemen merespon kebijakan roda dua diperbolehkan melintasi fly over.

Namun, untuk kajian aturan yang nantinya akan tertuang dalam Peraturan Wali Kota (Perwal) itu, diakui Sutiaji, masih belum masuk ke pihaknya.

“Kajian belum, tetapi terkait konstruksi, pasti kuat karena kendaraan roda dua dan roda empat itu berat mana? Dilalui kendaraan roda empat saja bisa, masa roda dua tidak.

Advertisement

Selain itu juga berkaitan dengan tekanan angin di fly over, selama ini di dunia nyata maupun maya tidak ada tuh pengendara motor jatuh dari fly over karena terkena angin,” bebernya.

Meski begitu, Pemkot Malang tidak menarget kapan aturan tersebut bisa masuk dalam Perwal. Pasalnya, pembentukan Perwal melalui proses yang cukup panjang.

“Pembahasannya sudah, tinggal nanti Surat Keputusan (SK) terus bentuk Perwal. Tapi masalahnya kalau bikin Perwal prosesnya panjang, harus dftar ke Pemerintah Provinsi juga.

Jadi perihal target ya tidak punya, hanya saja mudah-mudahan sebelum Natal dan Tahun Baru (nataru) sudah bisa,” terangnya. (hms/mus/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas