SEKITAR KITA

Kodim 0833 Kota Malang Salurkan Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung

Diterbitkan

-

Memontum Kota Malang – Kodim 0833 Kota Malang menyalurkan Bantuan Tunai Untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) kepada 4200 warga, Selasa (19/10). Program ini ditujukan bagi Pedagang Kaki Lima (PKL) yang terdampak masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) namun belum mendapat bantuan Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) ataupun dari Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P3AP2KB).

Sehingga pihak Kodim 0833 Kota Malang menugaskan Babinsa untuk mencari warga yang sekiranya potensial untuk diberi bantuan.

“Kita yang mencari warga, jadi Babinsa turun ke lapangan ke kampung-kampung mencari PKL. Soalnya yang kita kirimkan ke pusat itu adalah fotonya warung dan KTP. Jadi kalau sudah masuk di databasenya di BPUM itu tidak bisa lagi dimasukkan,” terang Kasdim 0833 Kota Malang, Mayor Chairul Effendi.

Tiap PKL mendapatkan bantuan sebesar Rp 1,2 juta , dengan target per kecamatan 800 sasaran. “Untuk hari ini 400-an, kami target per kecamatan ada 800. Kita nyari PKL sebenarnya gampang-gampang susah. Misalnya begini, banyak PKL di jalan-jalan, tapi kan mereka sudah mendapatkan bantuan dari Dinsos-P3AP2KB atau BPUM , itu nggak bisa kalau kita daftarkan,” terangnya.

Advertisement

Pihaknya menjadwalkan pembagian dalam kurun waktu dua minggu untuk lima kecamatan. Sedangkan lokasinya pun juga akan menyesuaikan per kecamatan.

“Hari ini dan Kamis jadwalnya Kecamatan Klojen, berikutnya di Kedungkandang, jadi bertahap terus. Bukan mereka yang kita undang ke Kodim, tapi kita yang merapat ke Kedungkandang. Nanti merapat ke Blimbing. Nanti datang di koramil setempat, biar jangkauannya tidak terlalu jauh,” ujarnya.

Cara mendapatkan bantuan ini terbilang mudah. Pasalnya, Babinsa yang akan turun langsung ke lapangan untuk mencari PKL. “Babinsa akan menanyakan sudah mendapatkan bantuan apa belum. Kalau sudah mendapatkan bantuan, di foto dulu,” ujarnya. (mus/gie)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas