SEKITAR KITA

Vaksinasi Dosis Pertama untuk Masyarakat Umum Kota Malang Capai 92 Persen

Diterbitkan

-

Memontum Kota Malang – Upaya percepatan vaksinasi terus digencarkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes). Tidak hanya lewat Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasyankes), namun vaksinasi juga digalakkan melalui event serbuan vaksin di Kota Malang.

Berkat percepatan itu, dikatakan Kepala Dinkes Kota Malang, dr Husnul Muarif, vaksinasi dosis pertama untuk umum sudah mencapai 92 persen. “Capaian vaksinasi untuk masyarakat umum di Kota Malang sudah 92 persen dosis pertama. Sedangkan untuk dosis kedua, 60 persen,” ungkapnya saat ditemui di Balai Kota, Senin (18/10/2021).

Meski sudah melewati ambang minimal yang ditentukan di Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri), dr Husnul tidak bisa memastikan apakah level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Kota Malang akan turun.

“Kita harus melihat pendekatan aglomerasi. Kalau Kota Batu, Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo, dan Kabupaten Pasuruan sama-sama sudah mencapai target, ya bisa turun level 1. Tapi kalau ada satu daerah dalam aglomerasi yang belum mencapai itu, lainnya tidak bisa turun level,” ungkapnya.

Advertisement

Sehingga, tambahnya, untuk menuju PPKM Level 1, haruslah mencapai target vaksinasi umum dan Lansia. “Sementara itu, vaksinasi lansia kita sudah mencapai 50 persen,” sambungnya.
Menurut mantan Dirut RSUD Kota Malang ini, vaksinasi untuk Lansia memang sering terkendala perihal skrining.

“Lansia itu orangnya sudah semangat datang tapi ketika diskrining tidak memenuhi syarat. Ada yang tensinya tinggi, atau ada beberapa keluhan lain yang membuat tertunda. Kalau tertunda sudah ditatalaksana di puskesmas, dikasih obat. Seminggu dilakukan cek,” terang dr Husnul. (mus/sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas