SEKITAR KITA

Dishub Kota Malang Rencanakan Penambahan Empat Titik E-Parkir Desember

Diterbitkan

-

Memontum Kota Malang – Penambahan titik E-parkir telah direncanakan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang demi menggenjot pendapatan dari retribusi parkir. Sebelumnya, Kota Malang telah memiliki E-parkir di pintu masuk halaman Stadion Gajayana yang diresmikan awal 2021 lalu. Kepala Dishub Kota Malang, Heru Mulyono, menjelaskan penambahan E-parkir akan efektif di awal tahun 2022.

“Kami telah memproyeksikan empat titik tambahan E-parkir. Dua titik E-parkir akan ditempatkan di kawasan Mal Olympic Garden (MOG) dan di pintu Gedung Kartini yang masih satu kawasan dengan MOG dan Stadion Gajayana. Dua lagi di Block Office Kedungkandang sama RSUD Kota Malang,” terangnya, Jumat (08/10/2021).

Mantan Camat Klojen itu menjelaskan, bahwa dua titik ditambahkan di kawasan Stadion Gajayana, guna untuk mengurai kemacetan yang selama ini sering terjadi. “Selama ini kan pintu masuk dan keluar hanya satu titik saja, bikin macet. Oleh karena itulah kita tambah lagi dua di kawasan tersebut. Jadi terintegrasi, mau masuk atau keluar lewat mana, ada banyak alternatif, tidak hanya satu. Sehingga kemacetan terurai,” beber Heru.

Berdasarkan data yang tertera di laman website lpse.malangkota.go.id belanja modal pengadaan E-parkir memiliki nilai pagu Rp 670 juta. Dimana anggarannya diambil dari APBD tahun 2021.

Advertisement

“Yang perlu kita pahami layanan E-parkir ini untuk mencegah semua kebocoran. Karena kalau by system kan otomatis, sudah ada alur rekamnya berapa jumlah yang masuk. Kedua, sesuai amanat Perda 4 Tahun 2009 semua aset Pemerintah Kota (Pemkot) Malang yang menggunakan parkir harus dikelola Dishub sebagai pelimpahan wewenang wali kota,” jabarnya.

Proyek penambahan layanan E-parkir yang tengah dilakukan tender cepat untuk pembangunannya itu, kata Heru, ditargetkan bakal selesai pada Desember 2021 mendatang.”Desember sudah harus ready, jadi satu bulan kita uji coba. Lalu, Januari sudah diterapkan dan bisa digunakan. Seperti yang dahulu, Januari launchingnya,” tutur Heru. (mus/sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas