SEKITAR KITA

Pertahankan Status Bebas Rabies, Dispantan Kota Malang Vaksin Hewan Peliharaan

Diterbitkan

-

Memontum Kota Malang – Dalam rangka mempertahankan status bebas rabies, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispangtan) menggelar vaksinasi bagi hewan peliharaan. Program ini, juga dalam rangka memperingati World Rabies Day.


“Tanggal 27 September lalu kita adakan sosialisasi, lalu pada 28 sampai 29 September, sebanyak 200 hewan peliharaan seperti kucing dan anjing kami vaksin. Selanjutnya, pada hari ini (05/10/2021) adalah kuota tambahan untuk warga yang belum sempat memvaksin hewan peliharaannya,” terang Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dispangtan, drh Anton Pramujiono.


Gelaran yang rutin dilakukan setahun sekali di Puskesmas Hewan Jalan Kolonel Sugiono, Kelurahan Gadang, Kecamatan Sukun ini, mendapat antusiasme yang baik dari warga. “Alhamdulillah, kemarin 200 kuota habis dan sekarang kita tambah lagi. Selain itu banyak juga dokter hewan yang gelar vaksinasi rabies bagi hewan. Ternyata warga Kota Malang punya kesadaran terhadap kesehatan hewan terutama terhadap penyakit yang bersifat zoonosis atau penyakit menular dari hewan ke manusia dan sebaliknya,” terangnya.


Salah satu penyakit zoonosis yaitu rabies, dimana dijelaskan drh Anton, tingkat bahayanya tergantung dari kasus penyakitnya. “Jadi kalau memang masyarakat lebih sering memeriksakan akan lebih mudah terdeteksi, terutama penyakit menular. Sehingga, antisipasi atau mungkin pencegahannya lebih gampang daripada kalau sudah terjangkit,” terangnya.
Untuk Kota Malang sendiri, selama satu tahun ini Dispangtan hanya menerima satu laporan kasus gigitan hewan. Namun ketika dilakukan pemeriksaan, hasilnya nihil rabies.

Advertisement


“Kita secara umum memberikan informasi kepada masyarakat kalau ada kasus gigitan hewan itu segera lapor supaya bisa ditangani apakah hewan tersebut terjangkit rabies atau tidak. Apalagi gigitan anjing, kucing, maupun kera. Namun, alhamdulillah kota malang sampai saat ini statusnya adalah bebas rabies,” tuturnya. (mus/sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas