SEKITAR KITA

Sutiaji Ajak Karang Taruna Berperan Aktif Membangun Kota Malang

Diterbitkan

-

Memontum Kota Malang – Wali Kota Malang, Drs H. Sutiaji mengajak Karang Taruna Kota Malang untuk ikut berpean aktif membangun Kota Malang. Hal itu disampaikan oleh Sutiaji usai pengukuhan forum Pengurus Karang Taruna Kota Malang masa bakti 2020-2025 di Balai Kota Malang, Minggu (3/10/2021).

“Harapan kami Karang Taruna Kota Malang berkontribusi riil terhadap pembangunan manusia seutuhnya Kota Malang,” ujar Sutiaji. 

Baca juga:

    Dijelaskan oleh Sutiaji bahwa Karang Taruna pada era tahun 1970-1980, pergerakannya sangat luar biasa. Dibawah kepemimpinan Suryadi SPd MM, diharapkan Karang Taruna Kota Malang bisa semakin produktif dan berkembang pesat. Mampu menghidupkan kegiatan-kegiatan Karang Taruna di Kota Malang.

    “Salah satunya mengembangkan UMKM memberikan pendidikan kepada anggotanya,” ujar Sutiaji.

    Advertisement

    Sementara itu, Katua Karang Taruna Jawa Timur,  Agus Maimun menyebut bahwa sifat organisasi Karang Taruna adalah mitra pemerintah. Bahwa sejak setahun ini pihaknya bersama Kementrian Sosial dan Dinas Sosial masing-masing Kota/Kabupaten, aktif dalam penanggulangan Covid-19. 

    “Kami bersama pemerintah aktif dalam penanggulangan Covid-19. Tidak hanya itu, juga memberikan advokasi, rehabilitasi pasein Covid-19 dan masyarakat terdampak. Setahun kedepan dampak Covid-19 sudah kita identifikasi. Nanti kader-kader Karang Taruna Kota/ Kabupaten akan mengirimkan kadernya dijadikan pendamping masyarakat korban Covid-19,” ujar Agus.

    Ketua Karang Taruna Kota Malang, Suryadi SPd MM menjelaskan bahwa pihaknya bergerak mengurai persoalan-persialan sosial. Seperti mengurai naiknya angka kemiskinan di tengah pandemi Covid-19 dan naiknya angka pengangguran.

    “Menurut data BPS Kota Malang bahwa persentase angka penduduk miskin di Kota Malang sebesar 44,4 persen pada 2020. Tentu ini terjadi sebuah peningkatan dari tahun 2019 yang hanya 4,07 persen. Lonjakan ini menjadi tugas bersama dan Karang Taruna harus mampu ambil bagian bersama pemerintah Kota Malang untuk memberikan solusi yang strategis dan langkah – langkah taktis untuk mengurangi kemiskinan dan angka pengangguran,” ujar Suryadi. 

    Advertisement

    Terkait persoalan kesehatan juga menjadi perhatian Karang Taruna Kota Malang. “Pemerintah Kota Malang, terus bekerja keras dalam rangka menangani pandemi Covid-19 dengan melibatkan semua pihak termasuk Karang Taruna. Bersama pemerintah bergotong royong dalam menanggulangi pandemi. Memperkuat pilar kampung tangguh. Yakni ketangguhan pangan, ketangguhan kesehatan, ketangguhan ketertiban dan keamanan, ketangguhan informasi, ketangguhan psikologis, dan ketangguhan budaya,” ujar Suryadi. (gie)

    Advertisement
    Click to comment

    Tinggalkan Balasan

    Terpopuler

    Lewat ke baris perkakas