Kota Malang

Mulai Hari Ini Mall di Kota Malang Buka Kembali

Diterbitkan

-

Memontum Kota Malang – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang telah turun menjadi level 3 di Kota Malang membuat sejumlah mall kembali buka, Selasa (31/08) ini. Beroperasinya mall ini pun dikatakan Wali Kota Malang, Sutiaji, juga tertuang dalam Intruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 38 Tahun 2021.

“Pusat perbelanjaan, mall, dan pusat perdagangan diizinkan buka dengan berbagai ketentuan,” ungkapnya pada awak media.

Baca Juga:

    Aturan tersebut antara lain, jumlah pengunjung yang boleh masuk maksimal 50 persen dari kapasitas mall. Jam operasionalnya pun ditentukan pukul 10.00-21.00 WIB.

    “Selain itu pengunjung dan pegawai mall wajib keluar masuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Tapi untuk anak di bawah 12 tahun masih tidak boleh ke mall,” terang Wali Kota berkacamata tersebut.

    Advertisement

    Disisi lain, resto maupun foodcourt di dalam mall sudah boleh menerima dine in maksimal 50 persen dengan 2 orang per meja.

    “Makannya pun maksimal 30 menit. Tapi untuk bioskop, tempat bermain anak, dan tempat hiburan masih tutup,” tandasnya.

    Sementara itu, Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Malang, Suwanto, berujar bahwa ke 9 mall di bawah naungan asosiasi sudah buka per hari ini.

    “Sudah, hari ini 9 mall di bawah asosiasi APPBI Malang telah dibuka. Persiapan kami cukup matang karena instruksi dari pusat jelas,” ucapnya.

    Advertisement

    Salah satu persiapan tersebut adalah barcode untuk aplikasi PeduliLindungi di tiap mall. Dimana ketika scan QRcode, akan keluar status pengunjung sesuai warna yang keluar.

    “Hijau jika pengunjung sudah vaksin dua kali, kuning vaksin sekali, merah belum vaksin. Kalau keluar warna hitam, berarti suspect. Kalau punya komorbid, harus bawa surat keterangan dari dokter,” terang Suwanto.

    Dari aplikasi tersebut juga akan terkontrol berapa banyak pengunjung yang masuk ke dalam mall.

    Terpantau di salah satu pusat perbelanjaan Mall Olympic Garden (MOG), pukul 15.00 terdapat 1.556 pengunjung dari total kapasitas 30.000. Jumlah tersebut diketahui saat pengunjung check in pada aplikasi PeduliLindungi untuk masuk ke dalam mall. (mus/ed2)

    Advertisement
    Advertisement
    Click to comment

    Tinggalkan Balasan

    Terpopuler

    Lewat ke baris perkakas