Pemerintahan

Pemkot Malang akan Keliling Monitor Pelaksanaan Penyembelihan Hewan Kurban

Diterbitkan

-

Pemkot Malang akan Keliling Monitor Pelaksanaan Penyembelihan Hewan Kurban

Memontum Kota Malang – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang tak ingin momen peringatan Hari Raya Idul Adha 1442 H menimbulkan lonjakan kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

Oleh karena itu, selain memutuskan tiga alternatif penyembelihan hewan kurban, Wali Kota Malang, Sutiaji, juga telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) No 41 Tahun 2021. Namun, potensi menimbulkan kerumunan saat pelaksanaan penyembelihan pun tetap menjadi perhatian baginya.

Baca juga:

    “Makanya kami juga koordinasi dengan pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Saya sudah instruksikan Satpol PP, Pak Camat, maupun Pak Lurah berkeliling di wilayahnya. Guna memantau prosesi penyembelihan hewan kurban,” ungkapnya usai rapat koordinasi (Rakor) fasilitasi penyembelihan kurban, Jumat (16/07).

    Dengan model pengawasan keliling ini, Sutiaji menekankan perlunya mendapat jadwal pasti kapan masjid atau mushola di Kota Malang menggelar penyembelihan.

    Advertisement

    “Kita harus tau pasti, dari total 630 masjid di Kota Malang berapa dan dimana saja yang melakukan penyembelihan di tanggal 21, 22, atau 23 Juli. Nanti kita kontrol,” terang orang nomor satu di Kota Malang itu.

    Setelah menerima laporan jadwal tiap masjid dan mushola, pihaknya akan melakukan pengawasan yang berlapis. Mulai dari penguatan Kampung Tangguh, sampai ada pengawasan dari pihak terkait.

    “Nanti dari Pak Lurah, Pak Camat, beserta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait akan mengawasi. Termasuk Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) juga akan mobile dengan dokter hewan,” terangnya.

    Terakhir Sutiaji menyampaikan bahwa saat ini pihaknya juga sedang merancang tim satgas khusus berkaitan dengan pengawasan hewan kurban.

    Advertisement

    “Kita akan bentuk tim khusus, siapa saja yang tergabung, Insyaallah akan segera kami buatkan SK,” kata Sutiaji. (hms/mus/ed2)

    Advertisement
    Click to comment

    Tinggalkan Balasan

    Terpopuler

    Lewat ke baris perkakas