Pemerintahan

Wali Kota Sutiaji Angkat Bicara Soal Percobaan Kabur Lima Calon TKW dari BLKLN PT CKS

Diterbitkan

-

Wali Kota Sutiaji Angkat Bicara Soal Percobaan Kabur Lima Calon TKW dari BLKLN PT CKS

Memontum Kota Malang – Informasi lima calon Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang mencoba kabur dari Balai Latihan Kerja Luar Negeri (BLKLN) PT Central Karya Semesta (CKS), dengan melompat melalui jendela lantai 4 Kota Malang, menyita perhatian Wali Kota Malang, Sutiaji.

Orang nomor satu di Kota Malang itu, mengecam insiden yang terjadi di BLKLN Jalan Rajasa, Kelurahan Bumiayu, Kecamatan Kedungkandang.

Baca juga:

    “Tentu saya mengecam bahwa setiap perbuatan apapun, yang merugikan masyarakat. Menurut saya, tidak mungkin kalau perusahaan tersebut berjalan sesuai dengan aturan-aturan yang sudah ada,” ungkap Wali Kota Malang, Jumat (11/06) tadi.

    Bagi pemilik kursi N1 itu, walau korban bukanlah warga Kota Malang, namun tetap satu kesatuan Bangsa Indonesia. “Saya mengecam penuh siapapun itu. Andaikan perusahaan tersebut sudah berizin, maka jelas melanggar aturan, dan bisa dicabut perizinannya karena melanggar SOP” tambahnya.

    Advertisement

    Dengan begitu, ditegaskan Sutiaji, perlu ada tindakan proses hukum karena pihak perusahaan melakukan kelalaian.

    “Kalau para TKW itu sudah nekad melompat dari lantai setinggi itu, berarti ada indikasi hal-hal yang tidak sewajarnya terjadi dan diterapkan disana. Namun, saya tidak berani menjustifikasi mana yang salah dan mana yang betul. Akan saya tinjau lebih lanjut dahulu,” tegas Sutiaji.

    Terkait dengan keberadaan BLKLN yang terdata atau tidak di Dinas Tenaga Kerja Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Disnaker-PMPTSP) Kota Malang, Sutiaji mengaku, akan mengkonfirmasi lebih lanjut.

    “Sudah saya telepon pihak Disnaker-PMPTSP, saya suruh cek betul. Tahun lalu kami memantau memang ada beberapa Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) yang alami kemandekan,” paparnya. (hms/mus/sit)

    Advertisement
    Advertisement
    Click to comment

    Tinggalkan Balasan

    Terpopuler

    Lewat ke baris perkakas