Kota Malang

Camat Sukun Arahkan Warga Lowokdoro yang Melakukan Kontak Untuk Swab

Diterbitkan

-

Memontum Kota Malang – Naiknya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Lowokdoro Gang 4, Rt06 Rw04, Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Sukun membuat area ini berubah menjadi zona orange.

Tak hanya menghubungi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang, namun Camat Sukun, Widi Wirawan, langsung menginstruksikan warga yang kontak erat untuk jalani tes swab di puskesmas terdekat.

Baca juga:

    “Tadi malam saya dapat informasi bahwa disini sudah masuk zona orange. Akhirnya kita koordinasikan dengan BPBD Kota Malang, perlu ambil langkah segera. Salah satunya adalah penyemprotan disinfektan dulu,” jelasnya pada awak media.

    Setelah itu pihaknya juga telah berkoordinasi dengan tenaga kesehatan (nakes) di Puskesmas Ciptomulyo untuk melakukan testing dan tracing.

    Advertisement

    “Kami juga semalam intensif berkoordinasi dengan pihak puskesmas. Ini ada sekitar 7 warga yang jalani tes swab karena mereka sempat berinteraksi dengan pasien,” tambahnya.

    Berkaitan dengan penetapan zona orange, camat yang akrab disapa Widi itu menjelaskan bahwa pihaknya mengikuti aturan pemerintah berkaitan dengan kategori zona.

    Pasalnya dalam ketentuan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro, sudah ditetapkan kriteria zona. Sehingga tak bisa langsung serta merta memutuskan bahwa lingkungan ini berzona merah.

    “Kita menetapkan zona itu ada aturannya dari Pemerintah Pusat. Kenapa disini tidak zona merah karena yang terdampak ada 4 rumah dengan total 10 yang positif. Jadi acuannya adalah jumlah rumah, bukan jumlah warga yang positif,” pungkasnya.

    Advertisement

    Dari 10 warga yang positif dijelaskan Widi 1 diantaranya sudah meninggal, 3 lainnya sudah dinyatakan sembuh namun tetap menjalani isolasi mandiri, dan 6 lainnya dirawat di Safe House. (mus/ed2)

    Advertisement
    Click to comment

    Tinggalkan Balasan

    Terpopuler

    Lewat ke baris perkakas