SEKITAR KITA

Perum Bukit Hijau dan Permata Hijau Diserang Covid-19, Sebanyak 18 Warga Terpapar

Diterbitkan

-

Perum Bukit Hijau Tlogomas. (ist)

Memontum Kota Malang – Beredar di media sosial group WhatsApp (WA) sebuah surat imbauan dari Kelurahan Tlogomas, Kota Malang. Surat imbauan yang ditandangani Lurah Tlogomas, Andi Aisyah Muhsin itu berlaku pada 15 Mei 2021.

Disebutkan ada 17 warga Perumahan Bukit Hijau dan Permata Hijau, RW 09, Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, yang terpapar Covid-19. Sebagian warga ada yang sedang dalam perawatan di rumah sakit dan juga isolasi mandiri.

Baca juga:

Ada beberapa poin imbauan. Poin pertama, mengimbau kepada takmir Masjid Al Waqar untuk menutup sementara dan meniadakan salat berjamaah selama 14 hari ke depan. kedua, mengimbau kepada para jemaah Masjid Al Waqar untuk melaksanakan salat di rumah masing-masing. Ketiga, menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat.

Terkait informasi tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, dr. Husnul Muarif membenarkan. “Dari 17 orang warga itu, sebanyak lima orang hasil test PCR nya positif. Sedangkan yang 12 orang, hasil rapid test antigennya positif. Jadi yang positif PCR di rumah RSSA dan Lapangan Ijen Boulevard dan RS Hermina. Sedangkan yang hasil test antigen positif akan kita evakuasi ke safe house,” ujar dr Husnul pada Minggu (16/5/2021) pagi.

Advertisement

Dari hasil tracing bahwa warga terpapar dari kegiatan di masjid. “Kalau dari hasil tracing, memang ada kegiatan di masjid. Rencananya pada Senin (17/5/2021), kami akan lakukan testing rapid test antigen untuk yang kontak erat kepada 17 orang warga yang terpapar Covid 19. Kalau dibilang klaster masjid, bukan ya. Nanti, kita lihat hasil kontak eratnya dulu,” ujar dr Husnul.

Menurutnya juga akan dilakukan pengawasan melalui RT dan RW. Sebab 17 warga yang terpapar dari beberapa RT. “Masing-masing ketua RT dan satgasnya akan melakukan beberapa antisipasi terhadap mobilisasi warganya. Nanti koordinasi dengan RW dan juga pantauan dari Kelurahan dan Kecamatan,” ujar dr Husnul.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Terutama dalam 5 M, memakai masker, sering mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas di luar rumah.

Ternyata jumlah 17 orang yang terpapar Covid-19 telah bertambah menjadi 18 orang dari Perumahan Bukit Hijau dan Permata Hijau. Ketua RW 09, Kelurahan Tlogomas, Adam Wiryawan membenarkan hal tersebut.

Dijelaskan bahwa pada Sabtu (15/5/2021) malam diketahui satu orang lagi yang terpapar Covid hingga jumlahnya mencapai 18 orang. “Bahwa Ke 18 orang warga yang terpapar Covid 19 berasal dari delapan keluarga. Jadi, delapan keluarga dalam delapan rumah,” ujar Adam.

Advertisement

Pada Minggu (16/5/2021) siang, petugas BPBD Kota Malang melakukan penyemprotan disinfektan di Masjid Al Waqar. Tidak hanya masjid, petugas juga melakukan penyemprotan di sekitar komplek Perumahan Bukit Hijau dan Permata Hijau. (gie)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas