SEKITAR KITA

Status Level PPKM Kota Malang Ada Dua Versi, Ini Penjelasan Kadinkes

Diterbitkan

-

Memontum Kota Malang – Status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Kota Malang, ada dua versi. Per Sabtu lalu (18/09/2021), status Kota Malang beralih ke Level 2 menurut assesmen Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Sementara menurut Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), masih dalam Level 3.

Baca juga:

    Berkaitan dengan hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr Husnul Muarif, menjelaskan bahwa penetapan level tersebut memang benar adanya.

    “Hanya saja, acuan Kemenkes RI terdapat satu faktor penting lainnya. Yakni, faktor capaian vaksinasi di Kota Malang,” ujarnya, Selasa (21/09/2021).

    Advertisement

    Acuan vaksinasi itu, tambahnya, mencangkup capaian vaksinasi Lansia dan capaian vaksinasi dosis pertama. Berdasarkan laporan yang diterima mantan Direktur RSUD Kota Malang itu, capaian vaksinasi dosis pertama di Kota Malang, telah lebih dari 60 persen.

    “Dosis pertama vaksinasi sudah 66 persen. Sementara dosis kedua, sudah lebih dari 42 persen. Dengan catatan pencapaian tersebut, pihak Kemenkes yang melakukan assesmen menilai Kota Malang berada di Level 2,” tambah dr Husnul.

    Tidak hanya itu, indikator capaian vaksinasi Lansia juga sedang dikebut oleh Dinkes Kota Malang. Dari total 83 ribu Lansia di Kota Malang, baru 38 persen telah tervaksin dosis pertama. Sehingga, hal tersebut akan digeber lagi demi menunjang herd immunity sebesar 70 persen pada bulan September ini.

    “Artinya, kurang lebih 32 ribu Lansia di Kota Malang sudah menerima vaksin. Oleh karena itu, percepatan juga akan terus dilakukan, sambil kami menunggu droping vaksin dari pusat,” terangnya. (mus/sit)

    Advertisement
    Advertisement
    Click to comment

    Tinggalkan Balasan

    Terpopuler

    Lewat ke baris perkakas