SEKITAR KITA

Serbuan Vaksinasi Lanal Malang Sasar Warga Kelurahan Ciptomulyo Sukun

Diterbitkan

-

Memontum Kota Malang – Percepatan vaksinasi terus digencarkan oleh berbagai pihak demi mendukung program Pemerintah Pusat dalam rangka penanganan pandemi Covid-19. Seperti yang terlihat pada Pangkalan TNI AL (Lanal) Malang, yang selalu aktif menggelar vaksinasi untuk masyarakat umum maupun keluarga anggota TNI-AL. Senin (20/09/2021) pagi, giliran warga Kelurahan Ciptomulyo, Kecamatan Sukun, Kota Malang, yang mendapatkan vaksin dosis pertama jenis Sinovac.

“Kita rutin melaksanakan vaksinasi Covid-19 berdasarkan perintah dari pimpinan. Kita mendukung penuh upaya percepatan,” ujar Wakil Komandan Lanal Malang, Letkol Laut Roni Sutadi, mewakili Komandan Lanal Malang, Kol.Laut (P/W) Ni Ketut Prabhawati.

Baca juga:

    Vaksinasi yang dilakukan, tambahnya, tidak hanya berlangsung di Lanal Malang. Namun, juga digelar di beberapa tempat.

    “Sudah sejak pertengahan Juli, terus kita salurkan vaksin bagi masyarakat umum dan anggota keluarga TNI-AL . Kita pernah datang ke instansi-instansi juga, jadi aktif bergerak ke banyak tempat,” paparnya.

    Advertisement

    Sementara itu, Kepala Balai Kesehatan Lanal Malang, Lettu Laut (K) Weko Prastowo, menjelaskan serbuan vaksin bagi warga Kelurahan Ciptomulyo ini menyasar setidaknya 6000 hingga 8000 penerima. “Jadi satu kelurahan ini kita counter, sebenarnya ada 5. Tapi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang memberikan tanggung jawab ke kita untuk membantu warga di Kelurahan Ciptomulyo saja, jadi kurang lebih 6000 sampai 8000,” katanya.

    Dalam sehari, pihaknya membuka layanan vaksin hingga pukul 11.00 WIB. Sehingga, diperkirakan Lettu Laut (K) Weko, vaksinasi bagi warga Kelurahan Ciptomulyo bisa selesai dalam 2 minggu.

    “Kita gelar vaksinasi Senin sampai Kamis pukul 08.00 sampai 11.00 WIB, sedangkan Jumat sampai Sabtu off. Jadi mereka tinggal datang membawa KTP sampai batas waktu yang ditentukan. Karena sehari kemungkinan bisa 600 sampai 800 vaksin yang disuntikkan, maka untuk menuntaskan serbuan vaksin Kelurahan Ciptomulyo ini diperlukan waktu sekitar 2 minggu,” paparnya.

    Para petugas yang menangani vaksinasi, kesemuanya murni dari pasukan Lanal Malang. Bahkan diungkap Lettu Laut (K) Weko, ada beberapa keluarga TNI-AL yang menjadi relawan petugas vaksinasi.

    Advertisement

    “Petugas tidak ada yang dari luar, murni dari pihak kita ada 23 orang. Nah mereka dibagi shift, jadi tidak hari ini ditugaskan semua. Selain itu juga ada petugas relawan, mereka itu keluarga TNI-AL,” bebernya.

    Disamping penyelenggaraan vaksinasi bagi warga Kelurahan Ciptomulyo berjalan, pihaknya juga terus memberikan layanan vaksinasi lain. Yaitu untuk masyarakat umum lainnya, maupun penyuntikan dosis kedua Serbuan Vaksin Covid-19 Pangkoarmada II yang berlangsung beberapa minggu lalu di Stadion Gajayana.

    “Peserta Serbuan Vaksin yang di Gajayana dulu juga bisa mendapat dosis kedua disini. Kadang-kadang kita juga membantu keluarga TNI yang dari Jakarta , maupun Papua. Jadi tetap berjalan” tegasnya.

    Ketika waktu menunjukkan makin siang, makin banyak pula warga yang datang untuk menerima vaksin. Menurut Lettu Laut (K) Weko, antusiasme dari warga Kota Malang sudah baik.

    Advertisement

    “Bisa dilihat ini ramai sekali, antusias sekali. Namun yang saya sayangkan, masyarakat divaksin karena butuh, bukan kesadaran. Saya sempat beberapa kali menanyakan pada penerima alasan mau divaksin. Ternyata, karena sekarang kalau kemana-mana sudah wajib vaksin, mau ke mall juga harus vaksin,” ceritanya sambil tertawa.

    Meski begitu, dirinya berharap dengan gencarnya vaksinasi membuat Indonesia, khususnya Kota Malang pulih dari pandemi Covid-19.

    “Harapan kami semoga semua warga Indonesia bisa tercover akan kebutuhan vaksinnya. Semoga masyarakat tetap sehat, ekonomi juga berjalan lancar lagi, karena pandemi ini mengganggu semua lini,” tuturnya. (mus/sit)

    Advertisement
    Advertisement
    Click to comment

    Tinggalkan Balasan

    Terpopuler

    Lewat ke baris perkakas