Kota Malang

Sempurnakan Parkir Vertikal, Dishub Kota Malang Tambah Anggaran Rp 4,3 Miliar

Diterbitkan

-

ANGGARAN: Parkir vertikal Kawasan Stadion Gajayana Kota Malang. (memontum.com/rsy)

Memontum Kota Malang – Pengerjaan fisik parkir vertikal yang berada di kawasan Stadion Gajayana Malang, sudah selesai dilakukan. Namun, di tahun 2024 masih akan disempurnakan kembali dengan penambahan atap, yang dianggarkan sebesar Rp 4,3 miliar.

Hal tersebut, disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang, Widjaja Saleh Putra. Menurutnya, pembangunan atap itu tidak dimasukkan ke dalam proyek sebelumnya. Itu karena keterbatasan anggaran yang ada.

“Sejak awal memang atap itu tidak ada dan akan kami lanjutkan di tahun 2024 ini. Anggarannya kita tambahkan di APBD murni Rp 4,3 miliiar. Kalau kemarin (tahun 2023) pembangunannya dianggarkan Rp 9,8 miliar dan keterbatasan anggaran menjadi Rp 4,6 miliar itu, sisanya di tahun 2024 ini,” jelas Jaya-sapaannya, Jumat (12/01/2024) tadi.

Ditambahkan Jaya, jika rencana pembangunan atap tersebut nantinya akan menggunakan spandek. Sebab, jika baja ringan itu menurutnya tidak mampu untuk menahan. Terlebih, bangunan parkir vertikal tersebut juga cukup luas.

Advertisement

Baca juga :

“Kami meminta tambahan segitu (Rp 4,3 Miliar) itu sudah termasuk antisipasi eskalasi harga. Nanti akan kami review kembali, karena itu masih rencana bukan harga jadi,” katanya.

Di sisi lain, Jaya juga menyampaikan bahwa pengerjaan proyek pembangunan parkir vertikal tersebut telah melebihi batas waktu dalam kontrak. Sehingga mengakibatkan pengenaan denda dari Dishub Kota Malang kepada pihak pelaksana proyek sebesar Rp 21 juta.

“Iya, terlambat 5 hari. Pada prinsipnya ada pekerjaan yang tidak tercover RAB, pekerjaan itu adalah strauss atau semacam pondasi itu. Sedangkan pondasi itu harus dikerjakan. Nah itu diusulkan oleh pelaksana. Namun administrasinya saja yang terlambat. Sebenarnya kalau mau dikatakan ada kekurangan, ya kekurangan dari kami juga,” imbuhnya.

Advertisement

Sebagai informasi, berdasarkan pantauan di lapangan, parkir vertikal tersebut sudah dimanfaatkan oleh para pengunjung di kawasan tersebut. Namun, itu hanya di lantai satu saja. Sedangkan, di lantai dua dan tiga nampak masih kosong belum dimanfaatkan dan itu ditandai dengan adanya plang besi yang terpasang di depan akses menuju lantai dua. (rsy/sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas