Connect with us

Berita

Pengurus DPC Peradi RBA Malang Dilantik, Siapkan LBH, Membela Masyarakat Kurang Mampu

Diterbitkan

||

Ketua DPC Peradi RBA Akhmad Siswanto SH saat menerima bendera Peradi dari Ketua DPN Peradi RBA, Dr Luhut MP Pangaribuan SH LLM. (gie)
Ketua DPC Peradi RBA Akhmad Siswanto SH saat menerima bendera Peradi dari Ketua DPN Peradi RBA, Dr Luhut MP Pangaribuan SH LLM. (gie)

Memontum, Kota Malang – Akhmad Siswanto SH, resmi menjadi ketua terpilih DPC Peradi RBA (Rumah Bersama Advokat) Malang, pada Jumat (15/11/2019) malam. Pelantikan pengerus DPC Peradi RBA Malang periode 2019-2023, dilaksanakan di Hotel Santika Kota Malang.

Ketua Umum DPN Peradi RBA, Dr Luhut MP Pangaribuan SH L.L.M, yang hadir dalam acara ini, berpesan supaya advokat DPC Peradi RBA Malang, supaya tidak hanya mengutamakan masyarakat yang mampu membayar, namun masyarakat tidak mampu bayar juga harus dilayani dengan baik.

“Kewenangan advokat di Malang yang rutin harus dilakukan, pengangkatan advokat, pengawasan advokat dan menyelengarakan sidang kode etik suoaya profesi advokat berjalan sesuai UU 18 Tahun 2003. Ketua juga harus memastikan para advokatnya mau melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya, ” urai Luhut.

“Bukan hanya yang mampu membayar, melainkan yang tidak mampu bayar juga harus dilayani (Pro Bono). Ini memang tidak mudah, tapi ini adalah tanggung jawab advokat yang disebut officium nobile,” ujar Luhut.

Luhut sangat mengapresiasi kenerja DPC Peradi RBA Malang, salah satunya yakni telah memanfaatkan teknologi dan informasi dalam pelayanan.

“Ini sangat bagus, cara melayaninya juga sudah menggunakan website. Sudah ada aplikasi yang mudah diaksea oleh masyarakat. Ini kemajuan yang bagus. Semoga kepemimoinan Pak Sis, semakin meningkatkan lagi apa yang telah dilakukan oleh Pak Yayan Riyanto, ketua DPC Peradi RBA Malang, sebelumnya,” ujar Luhut.

Sementara itu Akhmad Siswanto, sebagai ketua DPC Peradi RBA Malang yang baru, bakal segera memacu kinerja DPC Peradi RBA Malang, demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Lembaga bantuan hukum kita perdayakan sebenarnya sesuai untuk.membela kaum yang tidak tidak mampu. Kita laksanakan memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya. Pengenalan kita juga ada melalui website, hal ini sesuai dengan kemajuan teknologi dan informasi. Pos bantuan hukum kita harus semakin berkembang dan berakreditasi” ujar Sis.

Pihaknya optimis bisa lebih meningkatkan DPC Peradi RBA Malang ke arah yang lebih baik.

“Saya optimis. Kita jalankan sistem menejemen sesuai dengan AD ART kita. Inventarisasi pengelolaan menejemen anggota kami juga sudah sangat kompak dan menjaga persatuan. Menerapkan sistem kebersamaan, kolektif kolegial,” ujar Sis. (gie/oso)

 

Berita

Sebanyak 97 Advokat Disumpah, Advokat Harus Bisa Terapkan e-Court dan e-Litigasi

Diterbitkan

||

Sebanyak 97 Advokat Disumpah, Advokat Harus Bisa Terapkan e-Court dan e-Litigasi

Memontum, Kota Malang – Sebanyak 97 Advokat dari DPC Peradi Malang Raya dan DPC Peradi Kota Besar Surabaya melaksanakan sumpah advokat, Jumat (13/12/2019) pukul 13.00.

Sumpah advokat ini adalah pertama kalinya di seluruh Indonesia dari Peradi Suara Advokat Indonesia yang pelantikannya dilaksanakan di hotel.

Suasana sumpah advokat DPC Peradi Malang Raya. (ist)

Suasana sumpah advokat DPC Peradi Malang Raya. (ist)

Ketua PT (Pengadilan Tinggi) Surabaya, Dr H Herri Suwantoro, SH MH, hadir melaksanakan sumpah yang berlansung di Hotel Santika Kota Malang. Ketua DPN Peradi Suara Advokat Indonesia Dr Juniver Girsang SH MH, mengatakan bahwa pengambilan sumpah advokat dari Malang Raya maupun Surabaya ini pertama kali dilakukan di Malang.

“Ini pertama kalinya dibawah kepemimpinan saya. Ini bisa diajukan oleh DPC lain, Bandung, Sumatra dan daerah lain. Karena ini yang pertama, pionir nantinya tetap Malang Raya dan Surabaya,” ujar Juniver.

Pihaknya terus meningkatkan kualitas advokat dari Peradi Suara Advokat Indonesia seperti DPC Peradi Malang Raya dan DPC Peradi Kota Besar Surabaya.

“SDM setiap cabang selaku di upgrade baik pendidikan maupun pengetahuannya. Advokat juga sudah harus bisa menerapkan sistem e-Court dan e-Litigasi pada Tahun 2020 nanti, semua Advokat wajib bisa menggunakan E-Litigasi yang diwajibkan Mahkamah Agung dan berlaku di Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama seluruh Indonesia,” ujar Juniver.

Ketua PT Surabaya, Dr H Herri Suwantoro, SH MH berpesan kepada para advokat muda untuk selalu bertanggung jawab dengan sumpahnya karena advokat adalah profesi yang terhormat.

“Sumpahnya harus jujur, bertanggung jawab, berintegritas membela kepentingan hukum kliennya. Advokat yang tidak merugikan masyarakat pencari keadilan. Advokat harus menegakkan hukum dan keadilan,” ujar Herry.

Sementara itu ketua DPC Peradi Malang Raya Iwan Kuswardi SH MH, bahwa 97 advokat muda yang dilantik sebanyak 36 dari Surabaya dan sisanya dari Malang Raya.

“Ini sumpah advokat yang pertama kali dilakukan oleh Pengadilan Tinggi diluar gedung Pengadilan Tinggi yang dilakukan di Malang. Ini pertama kalinya di Seluruh Indonesia untuk Peradi Suara Advokat Indonesia,” ujar Iwan.

Mereka berpesan kepada advokat muda untuk secara alamiah berkembang mengikuti para seniornya dalam ikatan kebersamaan Peradi Malang Raya.

“Dari Ketua PT Surabaya tadi menyampaikan bahwa supaya advokat muda untuk bisa meniru senior-seniornya yang sudah berhasil dan dipercaya kliennya. Kami sangat berharap advokat muda kedepannya menjadi advokat yang luar biasa di tingkat nasional, dikenal di seluruh Indonesia. Kami juga akan terus tingkatkan pemahaman advokat dan ingatkan pentingya etika profesi advokat dalam menjalankan profesinya,” ujar Iwan. (gie/oso)

 

Lanjutkan Membaca

Berita

Tingkatkan Keharmonisan, DPC Peradi Malang Raya, PT Surabaya dan PN Malang Olahraga Bersama

Diterbitkan

||

JEMPOL : Ketua DPN Peradi Suwara Advokat Indonesia, Dr Juniver Girsang SH MH, Ketua DPC Peradi Kota Besar Surabaya, Dr. Abdul Salam, SH, MH, dan Ketua DPC Peradi Malang Raya Iwan Kuswardi SH. (gie)
JEMPOL : Ketua DPN Peradi Suwara Advokat Indonesia, Dr Juniver Girsang SH MH, Ketua DPC Peradi Kota Besar Surabaya, Dr. Abdul Salam, SH, MH, dan Ketua DPC Peradi Malang Raya Iwan Kuswardi SH. (gie)

Memontum, Kota Malang – DPC Peradi Malang Raya bersama Ketua PT (Pengadilan Tinggi) Surabaya a Dr. H. Herri Suwantoro, SH, MH dan juga seluruh keluarga besar PN (Pengadilan Negeri) Malang, Jumat (13/12/2019) pagi, menggelar jalan sehat.

Yakni dengan start dan finish di halaman PN Malang di Jl A Yani, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Seperti diketahui tema gerak jalan Gerak jalan ini bertema Silaturahmi Lembaga Bantuan Hukum Terakreditasi di wilayah Malang Raya, Dalam Rangka Optimalisasi Kinerja Posbakum Pengadilan Negeri Malang.

Ketua DPN Peradi Suwara Advokat Indonesia, Dr Juniver Girsang SH MH, Ketua DPC Peradi Kota Besar Surabaya, Dr Abdul Salam, SH, MH, dan Ketua DPC Peradi Malang Raya Iwan Kuswardi SH hadir meramaikan acara ini.

“Suasana ini sangat menyenangkan dan memperlihatkan bahwa advokat dan penegak hukum yang lain adalah mitra yang baik dalam menegakkan kebenaran dan keadilan,” urai Juniver, Jumat siang kepada Memontum.com.

“Acara ini bisa menjadi contoh yang baik, bahwa kita adalah satu bersama-sama menjaga kebenaran dan keadilan. Kita selalu tingkatkan kebersamaan, keakraban. Peradi adalah satu dimanapun berada,” ujar Juniver.

Sementara itu Ketua DPC Peradi Malang Raya Iwan Kuswardi SH MH, bahwa pihaknya selalu menjaga kebersamaan dengan para penegak hukum lainnya.

“Dalam hal ini LBH DPC Peradi Malang Raya selalu menjaga kebersamaan. Kebersamaan saling berkomunikasi dengan olahraga bersama menjalin silaturahmi,” ujar Iwan Kuswardi kepada Memontum.com. (gie/oso)

 

Lanjutkan Membaca

Berita

Lapuk, Atap Kantor Bawaslu Kota Malang Roboh

Diterbitkan

||

Lapuk, Atap Kantor Bawaslu Kota Malang Roboh

Memontum, Kota Malang – Atap ruang arsip Kantor Bawaslu Kota Malang di Jl Teluk Cendrawasih, Kelurahan Arjosari, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Senin (9/12/2019) sekitar pukul 13.30, ambruk.

Dalam kejadian itu, tidak ada korban jiwa dikarenakan saat kejadian ruang arsip dalam kondisi kosong karena petugas Bawaslu ada di lantai satu.

Atap Kantor Bawaslu Kota Malang Ambrol. (ist)

Atap Kantor Bawaslu Kota Malang Ambrol. (ist)

Menurut keterangan Koorditor Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kota Malang, Hamdan Akbar Safara, bahwa kejadian itu terjadi sebelum kawasan Arjosari dan sekitarnya hujan deras.

“Saat kejadian tepat sebelum hujan. Di ruang arsip sedang kosong. Tiba-tiba atap ruang arsip yang berada di lantai dua ambrol,” ujar Hamdan. Diduga karena angin kencang ditambah kondisi bangunan yang sudah lapuk.

“Semua arsip aman. Dugaan karena bangunan sudah dalam kondisi lapuk. Tadi kami langsung melapor ke BPBD. Petugas BPBD Kota Malang sudah datang ke lokasi memeriksa kontruksi dan memang sudah lapuk,” ujar Hamdan. Saat ini berkas sudah dipindah ke lantai satu dalam kondisi aman. (gie/oso)

 

Lanjutkan Membaca

Terpopuler